iOS 9 Resmi Dirilis, Ini Cara Update-nya

CiriCara Tekno – Sistem operasi terbaru dari Apple, iOS 9 akhirnya resmi dirilis secara global dan sudah bisa diunduh oleh pengguna gadget Apple di seluruh dunia. Sesuai dengan janjinya, Apple resmi merilis iOS 9 pada Rabu, 16 September 2015 waktu setempat, dan saat ini sudah bisa diunduh pengguna Apple di Indonesia.

iOS 9 ini sudah dibekali sejumlah fitur yang telah disempurnakan, di antaranya fitur multitasking, split view, slide over, picture in picture, dan tentunya asisten virtual Siri. Sejumlah nama aplikasi yang biasa ada di gadget Apple pun mengalami perubahan nama dan penambahan konten. Aplikasi Newsstand kini berubah jadi News dan aplikasi Maps kini dilengkapi fitur Wallet.

Update iOS 9 ini tersedia untuk perangkat iPhone 4s dan iPad 2 ke atas (Lihat daftar gadget Apple yang dapat jatah iOS 9). Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk update atau upgrade sistem operasi ke iOS 9. Buat Anda yang belum tahu caranya, simak penjelasan berikut ini:

1. Update iOS 9 dengan cara OTA

Anda bisa melakukan update sistem operasi iOS 9 dengan metode OTA (Over the Air). Caranya, pilih menu “Setting” kemudian “General” kemudian “Software Update” lalu pilih “Download” dan “Install” pada gadget Apple. Anda tinggal menunggu sampai proses instal selesai.

Sebelum melakukan metode OTA, pastikan koneksi internet di gadget Apple Anda dalam kondisi menyala. Jangan lupa juga untuk menghubungkan perangkat ke charger karena proses download dan instal ini cukup memakan waktu yang lama.

2. Update iOS 9 via iTunes

Bagi Anda yang ingin melakukan update iOS 9 via iTunes, pertama harus mempersiapkan komputer atau laptop yang terhubung dengan koneksi internet. Kemudian instal aplikasi iTunes di komputer, jika komputer Anda belum ada iTunes. Setelah iTunes terinstal, hubungkan iPhone atau iPad yang ingin diupdate ke komputer tersebut dengan kabel USB.

Setelah terhubung, buka aplikasi iTunes yang ada di komputer. Pilih jenis gadget yang sesuai dengan milik Anda. Lihat bagian “Summary” dan kemudian klik “Check for Update”, setelahnya Anda tinggal klik “Download and Update”.

Namun sebelum melakukan update, pastikan dulu ruang memori di gadget Apple Anda mencukupi. Pasalnya untuk bisa update iOS 9 membutuhkan ruang penyimpanan bebas sebesar 1,3 GB. Agar proses download berjalan lancar dan cepat, ada baiknya mengosongkan memori hingga 2 GB. Silakan hapus data yang sudah tidak terpakai dari gadget Anda.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

About the author /


Related Articles

Post your comments