Kapan Ulang Tahun Google?

Google Ulang Tahun

CiriCara Tekno – Kemarin, tanggal 27 September 2015, Google menampilkan sebuah doodle bertema ulang tahun di laman pencarian mereka untuk merayakan hari ulang tahunnya yang ke-17. Namun jika dilihat sejarahnya, ternyata Google sempat melakukan beberapa kali perubahan tanggal ulang tahun. Kenapa?

Pada doodle yang muncul Minggu kemarin, terlihat gambar sebuah komputer “lawas” dimana monitornya menunjukkan lambang Google pada tahun 1998. Di sampingnya terdapat boneka pinguin khas Linux dan juga terdapat hiasan lampu lava serta balon ulang tahun. Kemunculan doodle ini pun mengundang penasaran publik tentang kepastian tanggal ulang tahun Google.

Seperti yang diketahui, Google sempat melakukan beberapa kali perubahan tanggal hari ulang tahun. Dimana tanggal 27 September dipilih sebagai hari ulang tahun Google dimulai sejak tahun 2006 dan berlangsung hingga tahun ini, Minggu, 27 September 2015. Padahal sebelumnya di tahun 2005, tanggal ulang tahun Google adalah 26 September.

Dan pada tahun 2004, tercatat hari ulang tahun Google dipilih pada tanggal 7 September. Sementara pada tahun 2003 ulang tahun Google jatuh pada 8 September. Pihak Google pun mengakui bahwa pihaknya telah melakukan sebanyak 4 kali perubahan tanggal ulang tahun. Dalam menentukan tanggal tersebut, Google pun punya alasan tersendiri.

Seperti yang diungkap pimpinan tim Google Doodle, Ryan Germick pada tahun 2013 lalu. Germick mengungkapkan bahwa dirinya tidak mengetahui tanggal pasti ulang tahun Google. Namun ia mengatakan bahwa tanggal 4 September sempat jadi tanggal ulang tahun Google. Hal ini karena pada 4 September 1998, Google untuk pertama kalinya lahir sebagai sebuah perusahaan.

Kedua pendiri dari Google, Larry Page dan Sergey Brin pun diketahui membuat akun bank pertama perusahaan mereka pada tanggal 4 September 1998. Itulah alasan kenapa tanggal tersebut sempat jadi tanggal ulang tahun situs pencarian terbesar dunia ini.

Selain tanggal-tanggal tersebut, Google juga sempat memilih tanggal 15 September sebagai hari ulang tahunnya. Hal ini karena pada tanggal tersebut adalah hari dimana alamat Google.com secara resmi didaftarkan sebagai sebuah domain pada tahun 1997 oleh kedua pendirinya tersebut.

Namun pada akhirnya Google memilih tanggal 27 September sebagai hari ulang tahunnya. Pasalnya pada tanggal ini, Google pertama kali membuat doodle ulang tahun mereka. Pada tanggal yang sama pula Google mengumumkan pencapaian rekor halaman yang berhasil dikumpulkan pada tahun 2005.

Apakah tanggal 27 September akan terus jadi tanggal ulang tahun Google? Atau mungkin Google akan kembali melakukan perubahan tanggal lagi? Kita lihat saja tahun depan.

About the author /


Post your comments