Mengintip Kecanggihan Spesifikasi iPad Pro

iPad Pro

CiriCara Tekno – Apple akhirnya merilis sejumlah produk terbarunya dalam acara yang berlangsung di Bill Graham Civic Auditorium, San Francisco, Amerika Serikat, Kamis (10/9/2015). Selain merilis smartphone iPhone 6s dan iPhone 6s Plus, Apple juga merilis tablet terbarunya iPad Pro. Seperti apa spesifikasi yang diusung iPad Pro?

iPad Pro hadir dengan layar “jumbo”, yakni 12,9 inci dan sudah didukung dengan teknologi Retina display khas Apple. Layar iPad Pro ini menjadi layar yang terbesar dari dua seri iPad sebelumnya, iPad Air (9,7 inci) dan iPad Mini (7,8 inci). Resolusi yang diusungnya pun cukup tinggi dengan jumlah pixsel mencapai 5,6 juta dan lebih tinggi dari MacBook Pro.

Soal jeroan, iPad Pro dibekali chip 64-bit terbaru Apple A9X yang diklaim memiliki kinerja 1,8 kali lebih baik dibanding prosesor terdahulunya, A8X yang dibenamkan pada iPad Air 2. Kemampuan olah grafis prosesor ini pun diklaim setara dengan kualitas konsol game. Terdapat pula motion processor M9 untuk mengoleksi dan mengolah data dari sensor yang dimiliki iPad Pro.

Namun demikian, pihak Apple masih belum merinci kapasitas RAM yang disematkan pada iPad Pro. Apple hanya menjelaskan bahwa iPad Pro bakal dibekali dengan memori internal dengan dua pilihan, yakni 32GB dan 128GB. Memori internal ini tentu sangat mampu untuk menampung banyak file.

Sementara itu dari segi kamera, iPad Pro dibekali kamera iSight 8 megapiksel (MP) dengan lensa 5 elemen yang memiliki diafragma f/2,2, disertai fitur lampu flash True Tone. Tidak hanya bagus untuk mengambil potret atau foto, kamera ini juga diklaim mampu merekam video dengan resolusi mencapai 4k.

Dengan layar 12,9 inci, iPad Pro diyakini memiliki kapasitas baterai yang jumbo pula. Meski tidak dibocorkan secara rinci, pihak Apple mengklaim bahwa baterai iPad Pro tersebut dapat bertahan hingga 10 jam dalam pemakaian untuk menonton video maupun browsing internet.

Berbeda dari seri iPad sebelumnya, iPad Pro memiliki aksesoris tambahan, yakni berupa keyboard dan stylus yang diberinama Pencil yang dijual secara terpisah. Dengan adanya tambahan keyboard iPad Pro bisa digunakan layaknya notebook.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar spesifikasi singkat iPad Pro seperti dikutip dari Tekno Kompas:

– Tebal: 6,9 mm
– Bobot: 0,7 kg
– Layar 12,9 inci Retina display
– Prosesor: 64-bit 16-nanometer Apple A9X, M9 motion coprocessor
– Penyimpanan: 32/128 GB
– Kamera: 8MP, iSight camera, f/2.2
– Konektivitas: WiFi 802.11ac dengan MIMO, LTE 150 Mbps, Bluetooth 4.0
– Sensor: Touch ID
– Sistem operas: iOS 9
– Warna: Gold, Silver, dan Space Gray

About the author /


Post your comments