NASA Temukan Air di Mars, Ada Tanda Kehidupan?

Foto Lokasi Penemuan Air

CiriCara Tekno – Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA berhasil menemukan tanda adanya air di planet Mars. Kabar ini sontak membuat heboh masyarakat dunia. Situs pencarian terbesar dunia, Google pun merayakan penemuan mengejutkan ini dengan memunculkan doodle “ada air di planet Mars.” Benarkah ada kehidupan di Mars?

NASA sendiri sudah lama menjadikan keberadaan air sebagai tanda kehidupan dalam mempelajari planet lain. Namun demikian, NASA tidak bisa memastikan apakah di planet Mars terdapat kehidupan atau tidak. Pasalnya NASA tidak diijinkan untuk melakukan eksplorasi lebih jauh terhadap daerah di Mars yang terdapat air tersebut.

Seperti yang dilansir Popular Science, Lee Billings dari Scientific American menyebutkan bahwa Out Space Treaty melarang siapa pun untuk mengirimkan robot atau manusia mendekati sumber air yang ditemukan di luar angkasa. Hal ini karena ditakutkan air tersebut bisa terkontaminasi mikroba dari Bumi yang menempel di robot atau manusia.

Untuk mencegah kontaminasi berbahaya itu, sebenarnya pihak NASA selalu melakukan pembersihan terhadap pesawat luar angkasa yang akan diluncurkan untuk mencari kehidupan di planet lain. Pesawat dikeringkan, dibersihkan dengan bahan kimia, dan dikenai radiasi UV serta dibiarkan kelaparan agar mikroba yang ada mati.

Namun nyatanya, proses pembersihan yang dilakukan tersebut tidak bisa menjamin pesawat bebas mikroba. Dalam kasus Rover Curiosity, masih ditemukan adanya 65 jenis bakteri yang menempel. Karena itu, COSPAR (Committee on Space Research) telah mengelompokkan daerah-daerah yang dilarang untuk dilewati pesawat luar angkasa.

Rover Mars 2020

Rover Mars 2020 – Ist

Rover Mars 2020, robot yang dipakai untuk menjelajah planet Mars untuk mencari tanda kehidupan pun dilarang untuk mendekati sumber air di Mars. Robot luar angkasa ini ditakutkan bisa mencemari sumber air yang ada di planet tersebut.

Karenanya, NASA berencana untuk membuat sebuah pesawat luar angkasa khusus yang bisa terbebas dari kontaminasi mikroba Bumi. Namun untuk merealisasikan rencana ini, butuh dana yang sangat besar dan butuh waktu yang lama pula. Apalagi NASA diketahui tengah mengetatkan pengeluaran mereka.

Apakah NASA mampu membuat pesawat luar angkasa tersebut?

About the author /


Related Articles

Post your comments