Resmi Meluncur, Ini Tarif Blu-Jek

Blu-Jek

CiriCara Tekno – Persaingan ojek berbasis aplikasi kian ramai. Setelah Go-Jek dan Gribe Bike, kini muncul aplikasi baru yang menawarkan jasa ojek yang bernama Blu-Jek. Ojek berbasis aplikasi ini secara resmi mulai beroperasi di jalanan Jakarta pada Jumat (18/9/2015) hari ini. Siapa pembesut aplikasi Blu-Jek ini?

Pertama kali kemunculannya banyak yang mengira Blu-Jek adalah bagian dari perusahaan taksi Blue Bird. Kemiripan ejaan dan juga warna khasnya membuat orang jadi salah mengira. Padahal Blu-Jek ini tidak ada hubungannya dengan Blue Bird. Ternyata Blu-Jek adalah perusahaan yang berbeda yang didirikan oleh Michael Manuhutu dan Garrett Kartono.

Menurut Garrett, ia dan temannya memang sejak awal sudah memilih warna biru sebagai warna khas Blu-Jek. Hal ini bertujuan untuk pembeda Blu-Jek dengan ojek aplikasi lainnya. Untuk nama, Blu sendiri merupakan singkatan dari kata blusukan dan jek singkatan dari ojek. Jika keduanya digabungkan Blu-Jek, maka artinya blusukan ojek.

Bicara soal tarif, Garrett mengungkapkan bahwa pihaknya menerapkan tarif datar (flat) untuk layanan ojeknya yakni Rp 4.000 per kilometer (km). “Artinya, semisal jarak yang ditempuh 5 km, tarifnya mencapai Rp 20.000,” jelasnya seperti dikutip dari Tekno Liputan6, Jumat (18/9/2015).

Sebagai tahap promosi, Blu-Jek kabarnya akan memberlakukan promo Free Ride selama satu bulan. Nantinya pengguna aplikasi Blu-Jek bisa mendapatkan voucher Rp 25.000. Namun sayang pihak Blu-Jek belum merinci seperti apa sistem promo tersebut.

Dari sisi rider (sebutan tukang ojek Blu-Jek) sendiri, Blu-Jek juga menjanjikan bonus Rp 50 ribu bagi rider yang mendapat lebih dari lima order dalam 1 hari. Sama seperti ojek berbasis aplikasi lainnya, bonus ini bertujuan untuk memberi semangat kepada para rider dalam mengambil order.

“Saya harap mereka (rider Blu-Jek) dapat meraup sebesar Rp 6-7 juta pendapatan per bulan,” kata Garrett.

Untuk saat ini Blu-Jek tercatat memiliki 1.000 riders yang siap melayani order ojek di Jakarta mulai hari ini, 18 September 2015. Blu-Jek menargetkan memiliki 10.000 riders untuk menerima order. Itu artinya saat ini Blu-Jek masih membuka lowongan untuk 9.000 orang yang siap menjadi rider Blu-Jek.

Terkait kriteria rider yang dicari Blu-Jek, Garrett mengungkapkan bahwa pihaknya lebih memprioritaskan orang yang sudah berpengalaman menjadi tukang ojek. “Namun, kami tetap terbuka terhadap pelamar yang bukan ojek,” kata Garrett.

Sama seperti ojek berbasis aplikasi lainnya, Blu-Jek juga menerima rider perempuan. Bagi yang berminat bisa langsung melamar.

Aplikasi Blu-Jek sendiri sudah bisa didapatkan di Android melalui Google Play Store. Namun belum diketahui apakah aplikasi ini sudah tersedia juga di App Store atau belum.

About the author /


Post your comments