Siapkan Ahli Waris Facebook Sebelum Kamu Meninggal!

CiriCara Tekno – Sebagai salah satu media sosial terpopuler, Facebook tentu sering dijadikan sasaran peretasan para hacker. Karenanya pengguna Facebook diminta untuk lebih berhati-hati dalam berinternet, salah satunya dengan menyiapkan ahli waris Facebook mulai dari sekarang. Kenapa?

Manager Product Security Facebook, Melissa Luu-Van memberikan tips kepada para pengguna Facebook untuk memiliki orang terpercaya untuk menjadi ahli waris. Tidak hanya Facebook, tapi juga ahli waris untuk akun email dan media sosial lainnya sebelum meninggal. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi peretasan akun media sosial untuk kejahatan.

Kata Melissa, menunjuk ahli waris untuk mengurus media sosial jika pemilik sudah meninggal memang adalah hal yang tidak umum. Namun hal ini, menurut Melissa, merupakan salah satu hal yang super penting untuk dipertimbangkan. Apalagi ancaman peretasan itu bisa muncul kapan saja, bahkan pada akun yang pemiliknya sudah meninggal.

“Apakah Anda ingin orang asing dapat mengakses akun media sosial pribadi dan mengelolanya atas nama Anda? Tentu jawabannya adalah tidak. Ada banyak hal mengerikan yang mungkin terjadi karena itu,” kata Melissa seperti yang dilansir laman Business Insider dan dikutip dari Tekno Liputan6, Rabu (30/9/2015).

Untuk mendukung hal itu, Facebook kini telah dibekali fitur bernama Legacy Contact alias kontak warisan yang memungkinkan orang terpercaya untuk mengurus akun Facebook setelah si pemilik akun meninggal.

Melissa menjelaskan, Facebook awalnya memiliki kebijakan untuk membekukan setiap akun yang pemiliknya sudah meninggal. Akun Facebook yang sudah dibekukan ini akan hilang dari daftar teman dan juga kolom pencarian. Status dan foto yang pernah diunggah pun ikut “lenyap”.

Namun karena banyaknya permintaan pengguna Facebook yang ingin akun media sosialnya tetap “hidup” meski mereka telah meninggal, akhirnya Facebook pun membuat sebuah kebijakan baru. Dengan akun Facebook yang tetap aktif, pengguna berharap kehidupan mereka pun akan terus dikenang oleh kerabat dan keluarga.

Bagaimana? Apakah kamu sudah mulai terpikirkan untuk memilih ahli waris Facebook?

About the author /


Related Articles

Post your comments