Tips Amankan iPhone Jailbreak dari Serangan Malware

CiriCara Tekno – Gadget iPhone yang sudah di-jailbreak ternyata lebih mudah diserang malware dibanding iPhone yang tidak di-jailbreak. Karenanya bagi Anda yang memiliki iPhone jailbreak sebaiknya mulai berhati-hati lagi saat menggunakannya, terutama saat mengunduh atau mendownload aplikasi.

Malware yang menyerang iPhone jailbreak bisa mencuri informasi penting milik pengguna. Hal ini tentu akan sangat merugikan para pengguna iPhone jailbreak yang sudah terserang malware. Apalagi hacker pembuat malware tersebut biasanya akan menjual informasi pribadi pengguna ke pihak lain.

Untuk mencegah iPhone jailbreak terkena serangan malware, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan seperti yang dikutip dari laman International Business Times:

1. Hindari tawaran aplikasi gratis

iPhone jailbreak memiliki kelebihan dapat menginstal aplikasi tertentu yang tersedia di luar App Store. Namun sebaiknya Anda jangan mudah percaya dengan tawaran aplikasi gratis, padahal jika download di App Store aplikasi tersebut berbayar. Karena kemungkinan bukan aplikasi yang kamu dapat tapi malah malware.

Aplikasi gratis yang ditawarkan di luar App Store biasanya sudah dimodifikasi oleh hacker. Di dalam aplikasi tersebut sebenarnya sudah disisipkan malware yang bisa mencuri data pengguna. Karenanya jangan mudah tergiur dengan tawaran aplikasi gratis dari sumber yang tidak jelas.

2. Hindari instal “OpenSSH”

Anda juga sebaiknya menghindari tool jailbreak yang bernama OpenSSH. Menurut Apple, tool jailbreak tersebut diketahui sangat membahayakan keamanan iPhone. Karenanya pengguna iPhone diminta untuk tidak menginstal tool OpenSSH tersebut.

3. Ganti password root

Agar tidak mudah dibobol hacker, sebaiknya Anda segera mengganti password root pada iPhone jailbreak setelah melakukan proses jailbreak. Ganti password atau kata sandi dengan kombinasi huruf dan angka agar tidak mudah ditebak.

4. Aktifkan Two-factor Authentication

Untuk memproteksi iPhone agar aman, sebaiknya Anda aktifkan fitur Two-factor Authentication (2FA). Fitur ini akan membantu mengamankan iPhone dari serangan malware melalui login credential, dimana kunci otorisasi akan dikirim ke iPhone. Untuk mengaktifkan fitur 2FA ini, Anda harus login terlebih dahulu menggunakan user ID dan password.

Semoga bermanfaat!

About the author /


Related Articles

Post your comments