Video: Semut Buat Lingkaran Kematian Kelilingi iPhone

iPhone Semut

CiriCara Tekno – Belakangan ini sejumlah netizen tengah dihebohkan dengan kemunculan video di situs Youtube yang memperlihatkan bagaimana sebuah iPhone dapat “mempengaruhi” gerak sekelompok pasukan semut. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Di video yang ada di Youtube, terlihat sekelompok semut hitam yang berjalan tidak beraturan di sekitar sebuah iPhone yang diletakkan di tengah-tengah. Tidak lama, iPhone tersebut lalu berdering dan semut-semut itu pun langsung berjalan mengelilingi iPhone yang berdering itu. Fenomena semut berjalan melingkar tersebut biasa disebut “lingkaran kematian”.

Fenomena lingkaran kematian itu sebenarnya biasa terjadi di alam bebas. Dimana hal ini dipicu oleh feromon (zat kimia yang mempunyai daya tarik seksual pada semut) yang dijejakkan oleh semut lain yang ada di depannya yang kemudian diikuti semut lain di belakang. Namun karena feromon ini bisa menempel di semut lain, maka semut-semut bisa saling mengikuti dan berjalan dalam pola lingkaran hingga akhirnya semut itu mati.

iPhone

Namun demikian, fenomena lingkaran kematian di sekitar iPhone dalam video yang beredar tersebut dinilai bukan karena feromon. Ahli biologi Simon Robson dari Universitas James Cook, Australia punya penjelasan yang berbeda kenapa fenomena lingkaran kematian itu bisa terjadi di sekitar smartphone besutan Apple tersebut.

Menurut Robson, bentuk dari iPhone lah yang menyebabkan semut-semut tersebut membuat lingkaran kematian. Apalagi saat iPhone tersebut berdering keras, gerak sekelompok semut tersebut menjadi semakin tidak beraturan lepas kendali hingga akhirnya membentuk lingkaran kematian.

Tapi tidak sedikit pula yang menganggap bahwa fenomena lingkaran kematian semut di sekitar iPhone itu hanya rekayasa. Mereka menilai video tersebut palsu. Hal ini didasarkan pada bentuk semut di dalam video yang terlihat aneh dan mirip editan CGI.

Untuk melihat videonya kamu bisa langsung klik di sini.

Bagaimana menurut penilaian kamu?

About the author /


Post your comments