3 Alasan Kenapa Burung Tidak Tersetrum Saat Hinggap di Kabel Listrik

Burung di Kabel Listrik

CiriCara Tekno – Listrik adalah sumber energi yang sangat berguna bagi manusia. Namun, listrik juga bisa menjadi salah satu hal yang sangat berbahaya. Iya, sudah banyak orang yang menjadi korban tersengat listrik atau tersetrum (kesetrum) akibat kurang hati-hati, misalnya tidak sengaja memegang kabel listrik yang terkelupas.

Bicara soal kabel dan tersetrum, mungkin kamu bertanya-tanya kenapa burung yang bertengger atau hinggap di atas kabel listrik tidak tersetrum? Padahal burung juga termasuk makhluk hidup seperti manusia. Apakah ada kekuatan khusus yang dimiliki burung sehingga mereka terlihat biasa saja saat hinggap di kabel listrik?

1. Bukan konduktor yang baik

Listrik dapat mengalir melalui konduktor, misalnya besi dan tembaga yang biasa terdapat pada kabel listrik. Seperti air, listrik ini cenderung mengaliri media yang bebas hambatan seperti kabel. Dan burung tidak tersetrum karena kaki mungil mereka bukan merupakan konduktor yang baik. Alhasil, listrik pun lebih memilih mengaliri kabel daripada kaki si burung.

2. Hinggap di satu kabel

Burung tidak tersetrum listrik karena hinggap hanya di satu kabel. Hal ini membuat aliran listrik di kabel tersebut tetap stabil. Berbeda jika kaki burung itu hinggap di dua kabel yang berbeda, satu kaki di kabel bertegangan listrik dan satu kaki di kabel netral. Maka si burung akan tersetrum.

Hal ini karena listrik di kabel satu akan mencoba masuk ke kabel dua yang netral dengan perantara si burung tersebut. Saat listrik itu mengalir ke kabel netral, maka otomatis si burung pun akan tersetrum. Seperti diketahui, listrik akan mengalir jika ada beda tegangan.

3. Tidak menyentuh bumi

Sama seperti air, listrik juga akan mengalir dari tegangan tinggi ke tegangan rendah. Dalam hal ini bumi atau tanah memiliki tegangan rendah, maka listrik selalu mengalir ke bumi melalui konduktor. Inilah yang membuat manusia bisa tersetrum, karena kedua kaki manusia langsung bersentuhan dengan tanah.

Berbeda dengan burung yang hinggap di atas kabel listrik tanpa menyentuh bumi dan bahkan benda lainnya. Maka listrik yang ada di kabel tidak akan mengaliri tubuh si burung dan memilih untuk terus mengalir melalui kabel.

Mungkin kamu juga pernah mendengar, kalau tidak mau tersetrum pakai lah alas kaki atau sepatu berbahan karet. Hal ini bertujuan agar kaki kita tidak langsung bersentuhan dengan tanah. Apalagi karet atau plastik merupakan bahan yang tidak bisa mengalirkan listrik. Namun demikian, jangan pernah mencoba menyentuh kabel tegangan tinggi meski memakai alas dari karet.

Bagaimana? Sudah terjawab kan rasa penasaran kalian?

About the author /


Post your comments