Adu Kuat Samsung Galaxy Note 5 vs iPhone 6s

CiriCara Tekno – Dua produsen smartphone ternama dunia, Samsung dan Apple memang terus jadi sorotan para pengguna gadget. Samsung dengan seri Galaxy-nya, sementara Apple dengan iPhone. Kedua produsen ini pun sudah mengeluarkan smartphone terbaru mereka dalam waktu yang berdekatan, yakni Galaxy Note 5 dan iPhone 6s. Kira-kira mana yang paling kuat?

Perusahaan penyedia layanan garansi, Square Trade telah melakukan uji ketahanan Galaxy Note 5 dan iPhone 6s. Kedua smartphone ini menjalani sejumlah tes ketahanan, mulai dari bend test (uji ketahanan saat dibengkokkan), temperature test (uji ketanan di suhu ekstrem), dan water test (uji ketahanan di dalam air).

Pada saat bend test, Galaxy Note 5 dan iPhone 6s dipaksa untuk menahan beban seberat 180 pounds. Hasilnya, iPhone 6s menjadi pemenangnya. Galaxy Note 5 terlihat mengalami indikasi “bend” atau bengkok gara-gara dipaksa untuk menahan beban tersebut. Sepertinya, iPhone 6s memiliki tingkat kelenturan yang lebih tinggi dibanding Galaxy Note 5.

Saat temperature test, Galaxy Note 5 dan iPhone 6s dimasukkan ke dalam dua tempat yang berbeda, yakni oven dan freezer dalam waktu tertentu. Saat diuji dalam oven 43 derajat celcius selama 15 menit, kedua smartphone ini mampu bertahan hingga waktu selesai. Namun saat diuji dalam freezer bersuhu 0 derajat Fahrenheit, Galaxy Note 5 langsung mati sebelum waktu yang ditentukan, sementara iPhone 6s mampu bertahan hingga 30 menit.

Pada saat water test, Galaxy Note 5 dan iPhone 6s dimasukkan ke air dalam kondisi musik yang menyala. Hasilnya, kedua smartphone ini mampu bertahan dan tetap bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Sebelumnya pengujian serupa juga pernah dilakukan oleh Zach Straley terhadap iPhone 6s dan 6s Plus. Hasilnya smartphone Apple ini mampu bertahan di air hingga 1 jam.

Dari uji ketahanan tersebut, Square Trade menobatkan iPhone 6s sebagai smartphone yang lebih kuat dibanding Galaxy Note 5. Square Trade memberi iPhone 6s skor 4,5 sementara Galaxy Note 5 mendapatkan skor 5. Skor yang lebih kecil menunjukkan tingkat ketahanan smartphone yang lebih bagus dibanding yang skornya besar.

Mau lihat seperti apa pengujian yang dilakukan terhadap kedua smartphone tersebut? Lihat videonya di sini.

About the author /


Related Articles

Post your comments