Awas, Flashdisk Palsu Ini Bisa Rusak Laptop Kamu

CiriCara Tekno – Perangkat USB flashdisk menjadi media andalan untuk menyimpan sejumlah data, file musik, foto, dan juga video. Kebanyakan orang memilih flashdisk karena kepraktisannya dan sangat mudah untuk dibawa-bawa. Sangat berguna bagi Anda yang memiliki laptop atau komputer dengan kapasitas penyimpanan terbatas.

Namun demikian, kamu sebaiknya tidak sembarangan langsung mencolokkan flashdisk baru ke laptop. Karena bisa jadi flashdisk tersebut berisi virus yang bisa menyerang software laptop kamu. Bahkan, baru-baru ini muncul flashdisk yang bisa merusak laptop maupun komputer hingga mati total dan mengeluarkan asap.

USB Killer

Seperti yang dilansir ArsTechnica, Dark Purple berhasil membuat sebuah “flashdisk pembunuh” laptop dan perangkat komputer lainnya. Dark Purple menamai flashdisk tersebut dengan nama USB 2.0 Killer. Semua laptop yang terhubung dengan USB 2.0 Killer ini akan langsung mati dengan sendirinya dan tidak akan bisa dinyalakan kembali alias rusak.

Kenapa bisa begitu? USB 2.0 Killer ternyata memiliki kemampuan mengalirkan listrik negatif berkekuatan 220 volt saat dihubungkan ke laptop. Arus listrik ini akan masuk mengaliri laptop dan memanggang semua komponen yang ada di dalamnya. Sekali saja mencolokkan USB 2.0 Killer ke laptop, maka laptop tersebut akan langsung mati tanpa bisa dinyalakan lagi.

Mengenai seberapa besar dampak kerusakan yang diakibatkan oleh USB 2.0 Killer, Dark Purple belum merinci secara jelas. Namun dapat dipastikan bahwa arus listrik negatif 200 volt yang mengalir dari USB 2.0 Killer ini mampu membakar port USB dan juga merusakan sirkuit yang ada di motherboard. Sementara untuk hard disk dan CPU, dinilai akan tetap aman.

USB Killer atau flasdisk perusak laptop ini sebenarnya bukan yang pertama muncul. Sebelumnya juga ada flashdisk yang serupa beredar di pasaran, hanya saja flashdisk ini memiliki kekuatan lstrik negatif yang lebih kecil, yakni hanya 100 volt.

Mau lihat seperti apa kerusakan yang diakibatkan oleh USB 2.0 Killer? Berikut ada video saat USB 2.0 Killer dihubungkan ke laptop Lenovo ThinkPad.

Lihat video.

About the author /


Related Articles

Post your comments