Cara Agar Memori Internal iPhone Tetap Lega

iPhone 5s

CiriCara Tekno – Bagi pengguna iPhone tentu sudah tahu bahwa smartphone besutan Apple ini tidak menyediakan slot microSD sebagai memori tambahan. iPhone hanya dibekali dengan memori internal berkapasitas mulai dari 16GB sampai dengan 32GB, sesuai dengan pilihan masing-masing pembeli.

Bagi yang memilih iPhone dengan memori internal besar, tentu tidak jadi masalah. Tapi bagi mereka yang memilih iPhone dengan memori hanya 16GB, tentu akan cepat penuh. Apalagi jika smartphone ini sudah dipakai untuk menyimpan banyak file lagu, video, foto, dan juga aplikasi. Adakah cara agar memori iPhone tetap lega?

1. Hapus aplikasi

Ada baiknya Anda mulai menghapus semua aplikasi yang boros memori. Untuk memantaunya, buka menu Usage Settings maka Anda bisa tahu aplikasi mana yang boros memori. Jika sudah ketemu, sebaiknya hapus aplikasi tersebut dari iPhone. Masih ragu karena aplikasi tersebut berbayar? Jangan khawatir, Anda masih bisa kok menginstal ulang aplikasi ini dengan gratis di kemudian hari.

Untuk menghapus, ikuti cara berikut: Settings > General & Usage > Pilih aplikasi > Delete App.

2. Pilih-pilih data

Agar memori internal iPhone tidak cepat habis, Anda harus bisa memilih data mana yang harus disimpan dan mana yang tidak. Sebaiknya hapus aplikasi, foto, video, dan data lainnya yang sudah jarang dipakai atau bahkan tidak pernah dipakai sama sekali. Dengan demikian memori iPhone Anda akan tetap lega.

Jika masih sayang, sebelum dihapus Anda bisa menyalinnya ke laptop lalu di simpan ke flashdisk. Siapa tahu di kemudian hari Anda ingin menggunakan file tersebut.

3. Hapus history browsing

Hobi berselancar di internet dengan browser Safari di iPhone? Sebaiknya mulai dari sekarang rajin-rajinlah kamu menghapus history browsing. Hal ini karena history dari Safari ini juga bisa membebani memori internal iPhone. Tidak hanya history, Anda sebaiknya menghapus juga Cookies dan Data Safari.

Khusus untuk laman penting, Anda bisa memasukkan ke bookmark agar tidak ikut terhapus saat melakukan clear history dan cookies and data.

4. Matikan notifikasi

Fitur notifikasi yang ada pada iPhone juga ikut menguras memori internal. Untuk itu Anda sebaiknya mematikan fitur notifikasi ini dari iPhone. Tidak hanya boros memori internal, fitur notifikasi ini juga akan ikut menguras daya baterai iPhone sehingga jadi cepat habis. Untuk mematikan notifikasi, ikuti cara berikut: Settings dari Home Screen > tekan Notifications lalu matikan.

Semoga informasi di atas bermanfaat.

About the author /


Post your comments