Cara Agar Tidak Jadi Korban Hacker

Hacker

CiriCara Tekno – Aksi peretasan atau hacker sering menjadi hal yang menakutkan bagi para pengguna internet. Apalagi hacker ini juga bisa mencuri data pribadi pengguna, mulai dari nama sampai dengan foto-foto pribadi yang sudah diunggah di sosial media maupun di ponsel.

Namun jika ditelusuri lebih lanjut, ternyata aksi peretasan itu terjadi juga karena pengguna internet yang tidak waspada. Keteledoran yang sering tidak disadari para pengguna internet sering menjadi pintu masuk hacker untuk melakukan peretasan.

Tidak mau jadi korban peretasan oleh hacker? Simak cara berikut ini:

1. Hindari password yang sama

Apakah akun media sosial dan email kamu menggunakan password yang sama? Jika iya, sebaiknya segera ganti. Mungkin bagi kamu hal ini akan memudahkan karena tidak perlu lagi menghafal banyak password. Namun bagi hacker, hal ini memudahkan untuk melakukan peretasan. Hacker bisa mengakses semua akun karena passwordnya sama.

2. Hindari pop-up dan email tidak jelas

Apakah kamu sering mendapati pop-up pada saat membuka suatu web? Atau kamu sering mendapat email dengan disertai link tidak jelas di dalamnya? Jika iya, kamu harus waspada. Pop-up dan link tidak jelas pada email bisa menjadi pintu masuk malware ke perangkat. Jika perangkat sudah terinfeksi malware, maka semakin mudah hacker untuk meretasnya.

3. Memasang fitur keamanan

Terkadang kebanyakan orang mematikan fitur kemanan yang ada di perangkat karena merasa kinerja perangkat jadi lambat. Padahal hal ini justru akan memudahkan hacker untuk melakukan peretasan. Selalu aktifkan fitur keamanan perangkat agar aman dari aksi peretasan.

4. Pasang patch keamanan OS

Aktifkan fitur “auto-update” di sistem operasi perangkat agar Anda secara otomatis bisa memasang patch kemanan segera setelah patch tersebut diluncurkan oleh vendor OS. Patch keamanan ini sangat berguna untuk mencegah hacker manjebol perangkat.

5. Enkripsi jaringan nirkabel

Gunakan enskripsi berbasis WPA 2 dengan SSID Name dan kata kunci jaringan nirkabel yang dapat disetel oleh kamu. Hal ini berguna untuk mencegah jaringan dipakai oleh orang yang tidak dikenal. Selain itu, jaringan nirkabel kamu juga akan aman dari mata-mata hacker yang berniat melakukan peretasan.

Bagaimana? Apakah kamu sudah melakukan hal-hal seperti di atas? Jika belum, sebaiknya mulailah dari sekarang sebelum kamu jadi korban peretasan hacker.

About the author /


Related Articles

Post your comments