Cara Menghentikan Pemutaran Video Otomatis di Facebook

Facebook Autoplay Video

CiriCara Tekno – Bagi pengguna setia Facebook di Android, iOS ataupun di komputer pasti pernah mendapati postingan video yang berjalan otomatis atau tiba-tiba memutar dengan sendirinya. Padahal kamu merasa tidak pernah menekan tombol play di video tersebut.

Ya, Facebook memang sudah menerapkan fitur autoplay pada setiap video yang diunggah penggunanya. Video tersebut akan diputar secara otomatis tanpa adanya suara. Jika pengguna ingin mendengar suara dari video tersebut, pengguna cukup melakukan tap pada video tersebut.

Namun demikian, tidak semua pengguna Facebook senang dengan fitur autoplay video tersebut. Pasalnya fitur pemutaran video otomatis ini justru membuat kuota internet jadi cepat habis. Padahal konten dalam video itu pun belum tentu bagus untuk ditonton.

Tenang, berikut ada cara untuk mematikan fitur autoplay video pada Facebook:

1. Masuk ke akun Facebook

Buka aplikasi atau situs Facebook di Android, iOS, atau komputer, lalu kamu “log in” dengan mengisi alamat email dan juga password akun kamu. Jika sudah sekarang kamu buka menu “Settings” atau “Pengaturan”. Lihat seperti pada gambar berikut ini (Facebook dibuka dengan komputer):

Facebook

2. Pilih menu Video

Setelah kamu klik “Settings” maka kamu akan dialihkan ke halaman deretan sejumlah menu, di situ kamu cari menu “Video” dan kemudian klik. Belum menemukan menu Video? Lihat gambar berikut agar lebih mudah:

Facebook 2

3. Matikan Auto-play Videos

Setelah kamu klik menu “Video” kamu bisa melihat fitur apa saja yang ada di dalam menu ini. Pertama adalah fitur untuk mengatur kualitas video dan yang kedua adalah menu untuk menghentikan fitur “Auto-play Videos” atau “Pemutaran Otomatis Video”.

Facebook 3

Kamu klik “Default”, maka akan muncul pilihan “Default”, “On”/”Nyala”, dan “Off”/”Mati”. Agar video di Facebook tidak memutar dengan sendirinya, kamu pilih “Off”/”Mati”. Maka postingan video yang muncul di beranda Facebook tidak akan memutar sendiri.

Namun jangan khawatir, kamu masih bisa kok memutar video yang memang ingin kamu tonton. Caranya cukup dengan menekan tombol atau lambang “Play” pada video yang ingin kamu tonton melalui Facebook.

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil!

About the author /


Related Articles

Post your comments