Cara Mengukur Kecepatan Internet di PC

CiriCara Tekno – Saat ini sudah banyak penyedia layanan internet yang mengklaim koneksi internetnya lebih cepat dibanding pesaing. Namun saat dicoba ternyata internetnya berjalan lambat. Mau tahu cara untuk mengukur kecepatan internet agar tidak tertipu iklan?

Kecepatan internet harus kita cek, kenapa? Hal ini untuk memastikan apakah bandwidth dari penyedia layanan internet sesuai dengan tarif yang harus kita bayarkan. Jangan sampai sudah membayar biaya langganan yang mahal, tapi kecepatan yang didapat malah lambat.

Mau tahu cara mengukur atau mengetes kecepatan internet di PC? Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti:

1. Restart modem atau router dan komputer

Kenapa harus restrart modem? Hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil yang akurat. Dengan melakukan restart, maka performa modem atau router bisa kembali ke performa yang terbaiknya. Jadi hasil yang keluar nanti merupakan hasil yang paling akurat. Jangan lupa juga untuk melakukan restart pada komputer.

2. Clear Cache

Cache yang ada di komputer juga bisa berpengaruh pada kecepatan internet. Untuk itu lakukan Clear Cache agar performa internet kembali ke yang terbaik. Dengan melakukan Clear Cache maka tidak akan ada lagi yang menghambat internet.

3. Jangan pakai internet

Untuk mendapatkan hasil yang akurat, pastikan juga bahwa tidak ada perangkat lain yang mengakses internet di rumah Anda, kecuali PC yang akan dipakai untuk melakukan tes. Coba matikan konektivitas Wifi di perangkat mobile Anda. Karena sebenarnya kecepatan internet ini juga bisa terpengaruh oleh banyaknya pengguna internet tersebut.

4. Uji HTML5

Setelah tiga tahapan di atas dilakukan, sekarang saatnya melakukan tes kecepatan internet melalui uji HTML5. Untuk melakukan tes ini, Anda bisa langsung mengunjungi halaman SpeedOf.Me, TestMy.net, atau Bandwidth Place melalui perangkat PC Anda. Ketiga halaman tersebut sangat direkomendasikan untuk mengetes kecepatan internet berbasis HTML5.

Jika hasil kecepatan internet menunjukkan bandwitch yang tidak sesuai dengan paket langganan yang dipilih, sebaiknya Anda segera melaporkannya ke penyedia layanan. Tapi jika hasil bandwitch-nya ternyata tidak jauh berbeda dari yang ditawarkan, kemungkinan ini hanya masalah jaringan biasa. Karena hasil tes kecepatan internet itu tidak selamanya akurat.

Bagaimana? Mudah bukan? Selamat mencoba ya.

About the author /


Related Articles

Post your comments