Cara Root Android Tanpa PC

Root Android 2

CiriCara Tekno – Mau punya akses lebih ke ponsel Android kamu? Root adalah jawabannya. Dengan melakukan root Android kamu akan mendapat sejumlah kelebihan, seperti memindahkan aplikasi dari memori internal ke microSD secara paksa. Kamu juga bisa menambah kapasitas RAM Android dengan aplikasi memori virtual.

Belum tahu cara root Android? Mau root Android yang simpel dan mudah tanpa harus menggunakan komputer atau PC? Simak penjelasan caranya berikut ini:

1. Instal aplikasi Framaroot

Framaroot

Salah satu aplikasi yang bisa melakukan root Android adalah Framaroot. Namun tidak semua ponsel Android bisa menjalankan aplikasi ini. Jadi sebelum kamu mengunduh dan menginstalnya di ponsel Android, pastikan dulu tipe ponsel yang kamu miliki sudah kompatibel dengan aplikasi tersebut. Caranya? Kamu bisa cek di sini.

Ponsel Android kamu sudah kompatibel? Sekarang kamu tinggal unduh atau download aplikasi Framaroot, tunggu sampai proses download selesai. Sekarang kamu buka file Framaroot yang sudah didownload tadi, instal file tersebut, tunggu sampai selesai. Download Framaroot.

2. Buka aplikasi Framaroot

Framaroot 4

Sekarang kamu buka aplikasi Framaroot yang ada di ponsel Android. Lihat kolom di bawah menu “Select an action to execute after root”, kamu bisa pilih “Intall Superuser” atau “Install SuperSU”, tapi kami rekomendasikan Install SuperSU. Sementara untuk “Unroot” ini bisa kamu pakai untuk mengembalikan Android ke normal setelah diroot.

3. Pilih Gandalf

Framaroot 5

Setelah kamu memilih “Install SuperSU” akan muncul kolom di bawah menu “Select an exploit in list above to potentially root your device”, kamu bisa pilih “Aragon” atau “Gandalf”. Untuk rekomendasi, sebaiknya kamu pilih Gandalf saja. Setelah kamu memilih Gandalf, maka aplikasi Framaroot akan melakukan proses root Android secara otomatis. Tunggu sampai selesai.

Framaroot 6

4. Restart atau reboot ponsel Android

SuperSU

Untuk memastikan apakah proses root sudah berhasil atau belum, kamu bisa melakukan restart atau reboot ponsel Android. Setelah ponsel menyala kembali, coba kamu buka menu App/Aplikasi dan cari apakah ada aplikasi “SuperSU” atau belum. Jika sudah ada, itu artinya Android kamu sudah diroot. Untuk mengembalikan Android ke normal, kamu bisa bukan aplikasi Framaroot lalu pilih menu “Unroot”.

Bagaimana? Mudah bukan? Selamat mencoba.

About the author /


Related Articles

Post your comments