Kamera Smartphone Bisa Deteksi Buah Busuk atau Tidak

HyperCam Fruit

CiriCara Tekno – Anda termasuk orang yang hobi mengkonsumsi buah dan sayur? Mungkin Anda sering mengalami dilema saat memilih buah atau sayur mana yang paling segar. Apalagi kulit buah yang bagus tidak bisa menjamin isi buah tersebut ikut bagus. Lalu bagaimana cara memilih buah dan sayur yang bagus?

Para ilmuwan di University of Washington di Seattle, Amerika Serikat yang didanai Microsoft berhasil menciptakan sebuah kamera yang mampu mengukur tingkat kematangan buah. Kamera berbasis hyperspectrial imaging portabel ini diberinama HyperCam.

Kamera HyperCam bekerja dengan teknologi x-ray vision, dimana kamera ini mampu mengukur tingkat kematangan dengan akurasi hingga 94 persen. Bahkan kamera ini dapat dipakai untuk memeriksa busuk atau tidaknya buah dan sayuran yang disimpan di lemari es.

Lalu berapa harga kamera canggih ini? Untuk membuat kamera HyperCam tersebut, para ilmuwan mengeluarkan dana seharga USD 800 atau sekitar Rp 10,8 juta. Namun sayang, kamera ini belum dijual secara umum.

Terkait dengan kabar adanya aplikasi HyperCam yang bisa diunduh ke ponsel dengan harga sekitar USD 50, Profesor Shwetak Patel dari University of Washington membantahnya. Menurutnya saat ini teknologi yang dikembangkan baru berupa hardware.

Namun demikian, Shwetak Patel mengatakan bahwa kemungkinan kamera pedeteksi kesegaran buah tersebut bisa diterapkan ke smartphone di masa mendatang. “Hardware yang dibangun mungkin bisa dibenamkan ke dalam ponsel,” katanya.

Dengan demikian, pengguna hanya perlu membawa ponselnya saat pergi ke toko kelontong atau buah untuk memilih buah dan sayur dengan kualitas terbaik. “Ini seperti memiliki aplikasi keamanan pangan di saku Anda,” kata Shwetak Patel.

Cara kerja kamera HyperCam ini berbeda dari kamera berteknologi x-ray vision lainnya. Jika pada umumnya kamera akan mengeluarkan cahaya merah, hijau, dan biru sebelum menghasilkan gambar, HyperCam hanya akan mengeluarkan cahaya berkedip. Hal ini karena HyperCam sudah menggunakan 17 gelombang panjang yang berbeda.

Dengan adanya kamera HyperCam ini, penggemar buah dan sayur tidak perlu takut lagi salah memilih. Karena kualitas buah bisa dideteksi kamera HyperCam dengan tingkat akurasi yang mencapai 94 persen.

About the author /


Post your comments