Keuntungan dan Kerugian Root Android

Root Android 2

CiriCara Tekno – Untuk mendapatkan akses penuh smartphone Android, pengguna biasanya akan melakukan proses root. Namun demikian tidak sedikit pengguna yang mengaku masih ragu untuk melakukan root. Apakah hal ini juga terjadi pada Anda?

Melakukan rooting Android memang harus dipikirkan baik-baik. Pasalnya ada keuntungan dan kerugian yang akan didapat jika melakukan rooting Android. Mau tahu apa saja keuntungan serta kerugian melakukan root Android? Simak penjelasannya berikut in:

Keuntungan:

1. Akses penuh

Melakukan root pada Android akan memberikan keuntungan berupa akses penuh terhadap smartphone Android. Pengguna bisa leluasa menghapus aplikasi bawaan Android yang dinilai memberatkan kinerja smartphone. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa memindahkan aplikasi yang disimpan di memori internal ke memori eksternal secara paksa.

2. Menambah RAM

Banyak aplikasi bermanfaat yang bisa kamu instal di Android setelah di-root, salah satunya adalah memori virtual. Aplikasi memori virtual ini berguna untuk menambah kapasitas RAM Android. Hal ini akan membantu performa Android tetap maksimal.

3. Aplikasi lebih beragam

Setelah melakukan root, aplikasi yang diterima Android bisa lebih beragam. Seperti aplikasi untuk melakukan cheat game, aplikasi perubah tampilan android, dan aplikasi lainnya. Dengan root akan ada banyak pilihan aplikasi yang bisa diinstal.

Kerugian:

1. Garansi hilang

Sejumlah produsen smartphone Android melarang penggunanya melakukan root. Jika tetap memaksa melakukan root, maka garansi smartphone Android tersebut dinyatakan hilang. Hal ini tentu sangat merugikan, apalagi jika smartphone tiba-tiba mengalami kerusakan.

2. Rawan virus

Hal ini memang masih jadi perdebatan. Namun, tidak sedikit orang yang menyebutkan bahwa Android yang sudah di-root lebih mudah diserang virus. Hal ini terjadi karena banyak pengguna Android root yang mengunduh aplikasi sembarangan.

3. Android Pay bermasalah

Kerugian selanjutnya adalah tidak berfungsinya fitur Android Pay. Hal ini karena Android yang sudah di-root akan mengalami perubahan informasi yang bisa mengganggu kerja Android Pay. Padahal Android Pay ini sangat berguna untuk melakukan transaksi atau pembayaran online.

Bagaimana? Apakah Anda sudah menentukan pilihan mau melakukan root atau tidak?

About the author /


Related Articles

Post your comments