Rhei, Jam Unik dengan Angka dari Cairan

Jam Rhei

CiriCara Tekno – Umumnya kita mengenal ada dua tipe jam yang paling sering dipakai kebanyakan orang, yakni jam analog dan digital. Namun dua orang asal Serbia, Damjan Stankovic dan Marko Pavlovic berhasil membuat jam baru yang penunjuk angkanya menggunakan bahan cairan. Seperti apa?

Rhei, adalah nama jam yang dimaksud. Sekilas, Rhei nampak terlihat seperti jam biasa yang memiliki empat digit angka seperti jam digital. Namun bedanya, empat digit angka yang ada pada Rhei tersebut bukan terdiri dari lampu LED melainkan cairan bernama ferrofluid. Dimana ferrofluid ini merupakan jenis cairan yang di dalamnya berisi kumpulan nanopartikel magnetik.

Meski terdiri dari cairan, digit angka pada jam Rhei mampu berubah-ubah seiring berjalannya waktu, mulai dari hitungan menit hingga hitungan jam. Hal ini karena cairan ferrofluid yang ada di digit angka tersebut ternyata akan bereaksi dengan medan magnet yang ada di sekitarnya. Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan Stankovic dan Plavlovic untuk menjalankan Rhei.

Mesin Rhei

Terdapat mesin jam di bagian belakang Rhei yang bergerak sesuai dengan sistem algoritma acak. Dimana di ujung mesin ini terdapat magnet yang akan bergerak naik turun membentuk digit angka sesuai hitungan jam. Inilah yang membuat cairan ferrofluid mampu berubah bentuk menjadi sejumlah angka yang berbeda.

Berkat jam uniknya tersebut, pengembang Rhei berhasil mendapatkan penghargaan Red Dot Design Award. Hal ini tidak mengherankan karena Rhei merupakan jam pertama yang menggunakan cairan dalam bentuk mentah dan alami sebagai penunjuk angka untuk menampilkan waktu.

Penasaran dengan cara kerja jam Rhei? Kamu bisa melihat videonya di sini.

About the author /


Post your comments