Tips Aman Menggunakan Instagram Bagi Remaja

CiriCara Tekno – Media sosial sudah menjadi hal yang “wajib” dimiliki anak jaman sekarang. Dan salah satu media sosial yang sangat populer di kalangan remaja saat ini adalah Instagram. Tidak hanya bisa berbagi foto, Instagram juga menyediakan fitur berbagi video dalam durasi pendek. Tidak heran jika Instagram ini sangat digemari kalangan remaja.

Namun demikian, Instagram juga tetap memiliki efek negatif. Mungkin kamu juga sudah pernah mendengar adanya artis yang melaporkan followersnya karena dianggap melanggar privasi. Tidak mau berurusan dengan hukum gara-gara Instagram? Yuk simak tips berikut:

1. Saring Followers

Sebagian besar remaja beranggapan bahwa semakin banyak follower, itu artinya dia semakin populer. Padahal, tidak semua follower yang ada itu baik. Beberapa ada yang suka menghujat dan bisa memicu masalah. Karenanya penting untuk menyaring followers Instagram dari sekarang. Buang followers yang tidak kamu kenal dan hanya memicu keributan.

2. Modus privat

Kamu tentu tidak mau kan foto-foto kamu dipakai orang lain untuk menipu orang? Karenanya penting untuk mengubah Instagram kamu ke modus privat. Dengan cara ini, hanya followers yang kamu ijinkan saja yang bisa melihat foto dan video kamu. Hal ini juga akan mengurangi jumlah followers yang tidak jelas di Instagram kamu.

3. Jangan asal

Mungkin selama ini kamu merasa bebas di Instagram karena tidak berinteraksi secara langsung. Namun perlu kamu tahu bahwa semua hal yang kamu unggah di Instagram itu bisa dilihat orang lain. Karenanya kamu tidak boleh mengunggah foto atau video yang bisa menyinggung pengguna Instagram lainnya. Pikirkan dulu baik-baik sebelum mengunggah sebuah konten.

4. Hati-hati berkomentar

Di Instagram kamu juga bisa berkomentar terkait foto atau video orang lain yang diunggah ke Instagram. Tapi perlu diingat, kamu tidak boleh sembarangan dalam menuliskan komentar. Karena bisa saja kamu dilaporkan ke pihak berwajib karena dianggap mengganggu. Gunakan kalimat yang baik dan sopan.

5. Jangan terlalu narsis

Kebanyakan remaja sekarang hampir setiap hari memamerkan foto baru di Instagram. Namun kamu harus berhati-hati, tidak semua foto itu aman untuk diunggah. Seperti yang terjadi pada seorang mahasiswi yang harus berurusan dengan polisi akibat pamer foto dengan pose memegang kucing hutan hasil buruannya yang ternyata merupakan hewan yang dilindungi.

Ketahuilah, tidak semua foto atau video layak untuk jadi konsumsi publik. Jadi pandai-pandai lah kamu dalam memilih konten yang akan diunggah ke Instagram. Semoga bermanfaat!

About the author /


Related Articles

Post your comments