Cara Agar Instagram tidak Di-Hack Orang

CiriCara Tekno – Akun media sosial sering jadi sasaran peretasan oleh hacker. Salah satu akun media sosial yang berpotensi diretas atau di-hack adalah akun Instagram. Dimana hacker menyerang akun Instagram seseorang agar bisa mencuri koleksi foto maupun video yang ada di akun Instagram tersebut.

Akun Instagram yang sering jadi sasaran hacker adalah akun yang sudah memiliki banyak followers. Tidak hanya akun milik selebriti, akun Instagram milik orang biasa pun tetap memiliki risiko di hack jika tidak dijaga dengan baik. Jadi Anda harus lebih berhati-hati!

Seperti yang dilansir Techno Okezone, Ketua Dewan Pakar Indonesia ICT Forum, Teguh Prasetya mengungkapkan cara agar akun instagram aman dari aksi peretasan. Langsung saja simak caranya berikut ini:

1. Data pribadi harus dienkripsi atau disamarkan agar tidak mudah dibaca orang lain.

2. Kunci gadget yang biasa dipakai untuk membuka Instagram dengan password. Entah itu komputer, laptop, atau smartphone. Hal ini mencegah gadget dipakai orang lain.

3. Rajin mengganti password akun Instagram dan media sosial lainnya.

4. Jangan berbagi password dengan orang lain. Hal ini mencegah akun Anda dipakai oleh orang lain tanpa sepengetahuan Anda.

5. Buat password yang kuat. Anda bisa melihat password Anda kuat atau tidak berdasarkan informasi “weak, middle, atau strong” pada saat membuatnya. Buat password agar “strong”.

“Jadi sebisa mungkin jangan pernah beritahu password kita pada orang lain dan saat membuat password perhatikan pula kekuatannya,” kata Teguh.

6. Punya back up data secara online maupun offline. Hal ini berguna agar Anda tetap memiliki data cadangan meski akun Instagram sudah berhasil di-hack oleh orang lain.

Selain keenam cara di atas, Anda sebaiknya juga memperhatikan tingkat keamanan akun Facebook Anda. Pasalnya akun Instagram ini biasanya terhubung dengan Facebook. Jika akun Facebook berhasil di-hack, maka otomatis hacker bisa dengan mudah mengakses akun Instagram Anda.

Jadi selain mengamankan akun Instagram, Anda juga harus mengamankan akun media sosial lainnya, terutama Facebook. Semoga bermanfaat!

About the author /


Related Articles

Post your comments