Cara Agar Performa Smartphone Jadi Seperti Baru

CiriCara Tekno – Anda mulai merasa performa smartphone sudah mulai menurun? Membuka aplikasi yang tadinya cepat, sekarang harus membutuhkan waktu hingga beberapa menit? Hal ini biasa terjadi pada smartphone yang sudah dipakai dalam jangka waktu yang lama. Apalagi jika smartphone tersebut tidak dipakai dengan benar.

Cara penggunaan smartphone yang salah bisa menyebabkan performanya jadi menurun. Faktor waktu penggunaan juga bisa berpengaruh pada performa smartphone. Tapi Anda tidak perlu khawatir, berikut ada beberapa cara untuk meningkatkan performa smartphone lama agar terasa seperti baru lagi, seperti yang dilansir dari Cheat Sheet:

1. Update software

Lakukan update software secara berkala agar performa smartphone Anda tetap baik. Salah satu software yang patut untuk diupdate adalah sistem operasi (OS). Biasanya pihak pengembang OS selalu mengeluarkan versi baru dengan penyempuraan yang lebih baik. Jika smartphone sudah diupdate, otomatis performanya akan kembali seperti baru.

2. Hapus aplikasi

Mulailah menghapus aplikasi yang tidak terpakai di smartphone. Apabila dibiarkan, aplikasi tersebut akan membebani memori dan juga kinerja smartphone. Install aplikasi yang memang sering digunakan saja. Untuk aplikasi bawaan smartphone yang tidak pernah dipakai, Anda bisa menonaktifkan aplikasi tersebut.

3. Matikan pemberitahuan

Agar performa smartphone tetap seperti baru, Anda harus mematikan pemberitahuan yang tidak penting. Biasanya pemberitahuan ini sering muncul dari aplikasi yang masih aktif di latar belakang, seperti email, media sosial (Facebook), dan game online. Pilih pemberitahuan mana yang menurut Anda penting, sisanya non-aktifkan saja.

4. Hapus Widget

Widget adalah ikon aplikasi yang ada di home screen. Ternyata widget ini juga bisa membebani performa smartphone. Untuk itu Anda sebaiknya mulai menghapus widget yang tidak penting. Pilih widget yang memang paling sering Anda gunakan saja.

5. Hindari animasi

Wallpaper bergerak atau animasi lain memang membuat tampilan smartphone Anda jadi lebih unik dan beda. Namun, ternyata animasi tersebut juga sangat membebani performa smartphone dan menyebabkan kinerjanya jadi lambat. Lebih baik gunakan wallpaper statis saja dan non-aktifkan animasi lainnya.

6. Hapus file tidak penting

Coba Anda cek apakah memori smartphone sudah menipis? Terutama memori internal? Jika iya, itu artinya Anda harus segera melakukan pembersihan. Pilih file yang sudah lama dan tidak terpakai lalu hapus semuanya. Cek juga riwayat download, biasanya ada file yang tidak terpakai namun tetap tersimpan. Usahakan memori smartphone jangan sampai penuh.

7. Reset smartphone

Sudah melakukan cara-cara di atas tapi performa smartphone tetap lemot? Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan reset. Cara ini akan menghapus semua data yang tersimpan di smartphone dan akan membuatnya kembali ke pengaturan awal seperti saat baru dibeli. Tapi sebelum melakukan cara ini, sebaiknya lakukan backup dulu agar data penting Anda tidak ikut terhapus.

Semoga berhasil!

About the author /


Related Articles

Post your comments