Cara Melindungi Data Smartphone Android

Smartphone Android

CiriCara Tekno – Smartphone Android dikenal sebagai smartphone yang fleksibel dan bisa dipakai untuk banyak hal tanpa membedakan merek perangkat. Namun menurut banyak pihak, sistem operasi Android ini juga dinilai masih rentan jika ditinjau dari segi keamanan data. Lalu bagaimana cara untuk melindungi agar data smartphone Android tetap aman?

Menurut Kaspersky Lab, data pada sistem operasi Android akan tetap rentan dicuri jika belum ada perubahan model distribusi dari pihak Google. Untuk itu pengguna smartphone Android diminta untuk lebih berhati-hati agar data yang tersimpan di smartphone Android tidak dicuri oleh orang lain yang meretas sistem.

Agar lebih aman, berikut sejumlah cara untuk mengamankan data smartphone Android seperti disampaikan Kaspersky Lab:

1. Lakukan pembaharuan

Kaspersky Lab menyarankan pengguna Android untuk segera melakukan pembaruan sistem operasi bila sudah tersedia. Menunda atau bahkan mengabaikan notifikasi pembaruan sistem operasi Android akan membuat smartphone rentan diserang.

2. Unduh aplikasi terpercaya

Jika ingin mengunduh aplikasi, sebaiknya gunakan Google Play Store. Hindari mengunduh aplikasi dari pihak ketiga yang ada di situs-situs tidak jelas. Google Play Store diklaim lebih aman untuk smartphone Android karena sudah dibekali sistem keamanan oleh pihak Google. Sehingga aplikasi palsu tidak akan mudah masuk ke Google Play Store.

3. Keamanan ekstra

Jika smartphone Android Anda belum menyediakan aplikasi keamanan, ada baiknya Anda mengunduhnya sendiri. Pilih aplikasi antivirus terpercaya yang cocok untuk smartphone. Anda tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak perusahaan antivirus yang menyediakan aplikasi secara gratis.

4. Perbanyak informasi

Anda bisa menambah ilmu soal pengamanan smartphone Android dari internet maupun penjual smartphone Android. Semakin banyak ilmu yang Anda dapat, maka otomatis Anda pun tidak akan mudah tertipu dengan link atau iklan aplikasi palsu.

Jaga data, file, foto, dan video yang tersimpan di smartphone Android Anda dengan baik. Jangan sampai data-data tersebut tersebar di internet hanya karena Anda kurang berhati-hati saat menggunakan smartphone.

About the author /


Post your comments