Ciri-Ciri Anda Mengalami Nomofobia

CiriCara Tekno – Smartphone sudah menjadi salah satu gadget yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas sehari-hari. Hampir semua orang saat ini sudah memiliki smartphone, apalagi banyak smartphone yang dijual dengan harga murah. Apakah Anda juga termasuk salah satu orang yang tidak bisa lepas dari smartphone?

Tidak dipungkiri smartphone memang memiliki banyak kegunaan dan manfaat. Namun dibalik semua manfaatnya tersebut ternyata smartphone juga punya dampak negatif. Dimana saat ini sudah banyak orang yang secara tidak sadar telah mengalami gejala Nomofobia. Lalu apa itu nomofobia?

Nomofobia adalah rasa takut berlebihan yang dialami oleh seorang pengguna smartphone saat jauh atau tidak membawa smartphone dalam jangka waktu pendek. Singkatnya, nomofobia adalah phobia (rasa takut) yang muncul saat seseorang jauh dari smartphone-nya atau saat dia lupa membawa smartphone.

Berdasarkan hasil survei dari Britons, diketahui sebanyak 41 persen pengguna smartphone muda usia 18-34 tahun di Amerika Serikat mengaku mengalami kecemasan tidak lazim saat jauh dari smartphone. Sebanyak 51 persen di antaranya bahkan mengaku mengalami kecemasan yang berlebihan saat jauh dari internet.

Sementara itu lembaga survei dari Inggris, SecurEnvoy mengungkapkan bahwa sebanyak 70 persen wanita pengguna smartphone sudah mengalami Nomofobia. Untuk kaum pria, diketahui sebanyak 61 persen yang mengaku sudah mengalami Nomofobia.

Lalu bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga telah mengalami Nomofobia secara tidak sadar? Cari tahu jawabannya di gejala-gejala Nomofobia berikut ini, seperti yang dikutip dari Merdeka.com:

1. Selalu cemas saat tak bawa smartphone
2. Smartphone tak pernah lepas dari genggaman
3. Tak pernah absen cek langsung notifikasi yang baru masuk
4. Habiskan waktu internetan di smartphone secara berlebihan
5. Merasakan getaran smartphone semu atau ‘phantom vibration’
6. Sering melewatkan komunikasi dengan keluarga dan teman
7. Kerap lupa hal-hal penting akibat pikiran fokus ke smartphone

Bagaimana, apakah gejala-gejala tersebut di atas pernah Anda alami? Jika Anda mengalami paling sedikit 2 gejala tersebut, itu artinya Anda sudah mengalami Nomofobia. Mulailah terapkan pola pemakaian smartphone yang benar agar tidak jadi ketergantungan yang berlebihan. Menurut ilmuwan, ternyata ketergantungan terhadap smartphone itu juga bisa menimbulkan efek yang sama bahayanya dengan merokok.

About the author /


Related Articles

Post your comments