Jangan Remehkan Komputer Terkecil Rp 100 Ribuan Ini!

C.H.I.P

CiriCara Tekno – Kebutuhan perangkat komputer yang mudah dibawa dan berukuran mini nampaknya mulai menarik sejumlah perusahaan start-up. Salah satunya Next Thing.co, perusahaan start-up asal Amerika Serikat. Perusahaan teknologi ini kabarnya telah merilis komputer terkecil yang diberi nama C.H.I.P.

C.H.I.P diklaim mampu menjalankan sejumlah program, layaknya komputer besar. Hebatnya lagi, komputer kecil buatan Next Thing Co. ini kabarnya akan dilepas ke pasaran dengan harga yang sangat murah, yakni USD 9 atau sekitar Rp 120 ribu, jauh lebih murah dibanding komputer umumnya.

C.H.I.P 2

Meskipun demikian, jangan pernah meremehkan kinerja C.H.I.P, karena komputer kecil ini mempunya sejumlah kehebatan. Apa saja?

1. Spesifikasi lumayan

C.H.I.P memiliki ukuran hampir samai seperti pemantik rokok bentuk kotak yang banyak dijual di toko. Meski ukurannya kecil, C.H.I.P ternyata dibekali spesifikasi yang lumayan. Di antaranya, prosesor berkecepatan 1GHz, RAM 512MB, dan memori internal 4GB.

2. Konektivitas lengkap

C.H.I.P ternyata sudah dibekali dengan konektivitas cukup lengkap, yakni Bluetooth dan WiFi. Dengan konektivitas ini, C.H.I.P akan sangat mudah dihubungkan ke perangkat lain. Belum lagi terdapat port composit output, VGA, atau HDMI yang bisa dikoneksikan ke berbagai jenis layar.

3. Mudah digunakan

C.H.I.P mudah digunakan di mana saja, asalkan ada monitor, keyboard, dan mouse wireless, komputer kecil ini sudah bisa dipakai untuk mengerjakan tugas kantor. C.H.I.P sudah dibekali software bernama LibreOffice, yang bisa berfungsi untuk membuat dokumen seperti Word, Excel, dan juga presentasi.

4. Internet dan game

C.H.I.P juga bisa dipakai untuk berselancar di internet dengan browser bernama Chromium. Pengguna bisa berkirim email atau sekadar membaca berita. Terdapat pula sejumlah aplikasi game yang bisa dimainkan dengan menggunakan kontroler game wireless.

5. Pemutar musik

C.H.I.P bisa dipakai untuk pemutar musik portabel yang bisa langsung dihubungkan ke speaker. Pengguna cukup menghubungkan C.H.I.P dengan alat musik seperti keyboard MIDI dan speaker, maka komputer kecil ini akan berubah jadi pemutar musik.

6. Ribuan aplikasi

C.H.I.P menyediakan lebih dari 1000 aplikasi dan game gratis yang bisa langsung digunakan pengguna. Terdapat pula aplikasi open source yang bisa didapat dari internet. C.H.I.P ini juga dibekali dengan bahasa pemrograman Scratch yang bisa mengajari dasar untuk membuat game dan animasi.

7. PocketC.H.I.P

Bagi pengguna yang malas menggunakan monitor, Anda bisa menggunakan PocketC.H.I.P untuk mengoperasikan komputer mini C.H.I.P. Cukup dengan memasukkan C.H.I.P ke dalam PocketC.H.I.P, maka pengguna bisa langsung memakainya untuk bermain game, kerja, dll. PocketC.H.I.P ini berbentuk mirip smartphone dengan layar sentuh 4,3 inci dan keyboard fisik QRWETY. Alat ini diklaim mampu bertahan hingga 5 jam.

Lihat video promosinya di sini.

Baca juga: Raspberry Pi Zero, Komputer Mini Cuma Rp 68 Ribu

About the author /


Post your comments