Raspberry Pi Zero, Komputer Mini Cuma Rp 68 Ribu

Raspberry Pi Zero

CiriCara Tekno – Saat ini komputer mini sudah banyak tersedia di pasar komputer Tanah Air. Meskipun ukurannya mini, tapi tetap saja harganya masih cukup mahal. Berbeda dengan komputer mini yang dibesut perusahaan asal Inggris Raspberry Pi Foundation. Komputer mini bernama Raspberry Pi Zero ini dibandeol dengan harga murah. Kok bisa?

Raspberry Pi Zero sebenarnya adalah sebuah papan sirkuit berukuran 65 x 30 milimeter yang memiliki kemampuan sama seperti perangkat komputer. Bedanya, komputer mini ini tidak dijual dengan kelengkapan mouse, keyboard, dan monitor, jadi pengguna harus menyiapkannya sendiri.

Raspberry Pi Zero

Perbandingan Raspberry Pi Zero dengan uang dollar – betanews.com

Sekilas, Raspberry Pi Zero terlihat seperti papan sirkuit biasa. Namun ternyata di dalamnya sudah dilengkapi komponen ala komputer yang cukup lengkap mulai dari prosesor, memori RAM, slot kartu microSD, slot mini-HDMI, dan dua slot micro USB. Satu slot USB untuk data dan satunya lagi untuk daya.

Raspberry Pi Zero sendiri dibanderol dengan harga USD 5 atau sekitar Rp 68 ribu. Karena harganya yang sangat murah tersebut, komputer mini ini bahkan sudah masuk jadi bonus majalah MagPi edisi Desember tahun ini. Hal ini menjadi pembeda karena biasanya majalah komputer lain hanya memberi CD aplikasi komputer sebagai bonus.

Cara pengoperasian Raspberry Pi Zero sendiri sangat mudah. Cukup dengan mencolokkannya ke TV atau monitor dan keyboard, maka otomatis komputer mini ini akan bekerja layaknya sebuah desktop PC pada umumnya. Komputer mini ini bisa mengerjakan sejumlah perintah layaknya komputer, seperti memproses file hingga menonton video HD.

Raspberry Pi Zero

Raspberry Pi Zero – Telegraph.co.uk

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki komputer mini ini, berikut spesifikasi Raspberry Pi Zero seperti yang dikutip dari Tekno Liputan6:

– Prosesor BCM2835 clock up to 1GHz
– Memori RAM 512MB
– Soket microSD
– Port micro-USB untuk data
– Port micro-USB untuk daya
– Konektor 40-pin GPIO

Meskipun secara spesifikasi masih kalah, komputer mini Raspberry Pi Zero bisa jadi pilihan yang tepat bagi Anda yang tidak mau ribet. Selain ukurannya yang mungil, komputer ini juga sangat ringan serta mudah dibawa-bawa.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk membelinya?

About the author /


Related Articles

Post your comments