Cara Agar BBM Tidak Dihack Orang

CiriCara Tekno – Layanan berkirim pesan singkat BlackBerry Messenger (BBM) saat ini sangat populer. Tidak hanya smartphone BlackBerry, smartphone berbasis Android dan iOS pun sudah bisa menggunakan BBM. Apakah kamu juga termasuk salah satu pengguna layanan BBM?

Sama seperti akun media sosial, akun BBM juga ternyata bisa diretas atau dihack oleh orang lain. Biasanya pelaku meretas BBM untuk menipu kontak-kontak yang ada di list pertemenan korbannya. Karenanya kamu harus lebih hati-hati.

Tidak mau jadi korban hacker? Ikuti cara-cara berikut ini:

1. Jangan klik link sembarangan

Sebagai pengguna internet, tentu kamu sering dikirimi pesan atau email yang berisi link dari orang atau sumber tidak jelas. Sebaiknya kamu jangan pernah membuka link tersebut, karena bisa jadi link tersebut dipakai untuk mencuri BlackBerry ID kamu.

Pelaku biasanya berpura-pura ingin menawarkan hadiah dengan syarat harus mengisikan informasi username/email dan password BlackBerry ID. Padahal begitu semua data diisi oleh korban, si pelaku langsung mengambil alih akun BBM korban.

2. Jangan hiraukan broadcast

Sebagai pengguna BBM tentu kamu sudah sering mendapat broadcast dari kontak BBM. Meskipun mengundang rasa penasaran, kamu tetap harus berhati-hati. Karena tidak menutup kemungkinan pesan broadcast tersebut merupakan “jebakan” untuk mengambil alih akun BBM.

Jangan asal percaya dengan broadcast di BBM, sekalipun itu berasal dari akun BBM yang sudah kamu kenal. Karena bisa jadi akun BBM orang yang sudah kamu kenal itu justru sudah jadi korban hack dan ingin menjebak kamu.

3. Jangan asal approve atau invite

Sembarangan menerima permintaan kontak bisa jadi hal yang berbahaya untuk akun kamu. Bisa jadi akun yang kamu terima sebagai kontak itu hanya berniat untuk mencuri foto atau data pribadi kamu. Jangan mudah percaya juga dengan ajakan untuk invite PIN BBM dengan iklan-iklan yang menggoda. Jadilah pengguna BBM yang cerdas dalam memilih kontak.

4. Jaga kerahasiaan email dan password

Selain menjaga keamanan akun BBM, kamu juga harus menjaga keamanan email. Karena hanya bermodalkan email, pelaku sudah bisa menguasai akun BBM kamu dengan mudah. Untuk itu jaga kerahasiaan email dan password email kamu. Jangan pernah membagi informasi ini dengan orang lain, sekali pun itu pacar.

5. Buat akun sendiri

Usahakan membuat akun BBM sendiri. Kalau tidak bisa? Kamu bisa minta dibuatkan oleh orang lain dengan syarat, password harus dari kamu sendiri tanpa diketahui oleh orang tersebut. Atau kamu harus langsung mengganti password email dan akun BBM setelah akun sudah selesai dibuatkan. Pastikan juga, orang yang kamu mintain tolong adalah orang yang bisa dipercaya. 

Semoga bermanfaat!!

About the author /


Related Articles

Post your comments