Cara Bedakan MicroSD Asli dan Palsu

CiriCara Tekno – Untuk menambah kapasitas penyimpanan internal smartphone kita sering menggunakan microSD. Kita bisa membeli microSD di pasaran dengan kapasitas yang berbeda-beda mulai dari 1GB hingga 64GB. Apakah kamu juga berencana untuk membeli microSD untuk smartphone?

Jika kamu ingin membeli microSD, sebaiknya jangan salah pilih. Jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan penjual. Karena bisa jadi microSD tersebut adalah microSD palsu yang hanya akan bertahan dalam hitungan bulan atau bahkan hari saja. Kamu tentu tidak mau kan data penting kamu hilang gara-gara microSD palsu yang cepat rusak?

Untuk itu, simak cara membedakan microSD asli dan palsu berikut ini dengan baik:

1. Lihat tampilan fisiknya

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah melihat tampilan fisik microSD yang dijual. Perhatikan mulai dari kemasan hingga pencetakan huruf di bodi microSD. Pastikan juga informasi yang ada di kemasan microSD sesuai dengan apa yang dijelaskan penjual. Baca baik-baik informasi yang ada di kemasan.

Secara tampilan, microSD asli biasanya mempunyai tulisan yang dicetak, bukan ditempel seperti stiker. Tulisan yang terdapat di microSD asli juga lebih rapi dibanding yang palsu. Di bagian belakang microSD asli juga terdapat informasi kode angka yang rapi dan sesuai dengan kemasan.

Jika ternyata informasi yang ada di microSD tidak sesuai dengan info di kemasan, kemungkinan besar microSD tersebut palsu. Kamu harus jeli dalam memperhatikan fisik microSD yang ingin dibeli, karena saat ini fisik microSD palsu sudah sangat mirip dengan yang aslinya.

2. Pakai aplikasi

Tidak bisa membedakan secara tampilan fisik? Kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi SD Insight. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis di Google Play Store. Langkah pertama, kamu harus mengunduh dan install aplikasi SD Insight di smartphone kamu terlebih dahulu. Setelah terinstall, sekarang pasang microSD yang ingin kamu uji pada smartphone.

Setelah microSD terpasang dan terbaca di smartphone, sekarang kamu buka aplikasi SD Insight. Pilih menu microSD / SD Card dan tunggu beberapa saat sampai muncul detail informasi mengenai microSD yang terpasang di smartphone, mulai dari manufacturer, model, kapasitas memori, dan tanggal pembuatan.

Jika informasi tersebut tidak lengkap, misalnya info manufacturer kosong, itu artinya microSD kamu palsu. Tapi jika semua info terisi lengkap dan detail, itu tandanya microSD asli. Gampang kan? Selamat mencoba.

About the author /


Post your comments