Cara Pindahkan Aplikasi Android ke Memori Eksternal

Pindah Aplikasi

CiriCara Tekno – Kebanyakan smartphone Android dibekali dengan memori internal yang terbatas. Untuk menopang memori internal tersebut, biasanya disediakan slot microSD untuk menjadi memori tambahan atau eksternal. Tidak mau kapasitas memori internal smartphone Android cepat penuh?

Untuk mencegah memori internal cepat penuh, otomatis kamu juga harus mengurangi jumlah aplikasi yang disimpan di dalamnya. Tidak mau menghapus aplikasi di memori internal karena masih dibutuhkan? Ikuti cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal berikut ini:

1. Buka menu “Settings”

Menu Settings

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka atau pilih menu “Settings”. Kamu bisa menemukan menu Settings di gambar yang seperti roda bergerigi. Di menu ini akan tersedia sejumlah menu lainnya yang bisa kamu pilih.

2. Pilih menu Aplikasi

Menu Aplikasi

Setelah membuka menu Settings, cari menu Aplikasi atau “Apl”. Di sini kamu bisa melihat daftar aplikasi dan juga game apa saja yang sudah terinstall di smartphone Android kamu. Kamu bisa melihat nama aplikasi beserta besarnya memori yang dipakai aplikasi tersebut.

3. Memori Telepon

Menu Memori Telepon

Setelah membuka menu Aplikasi, kamu akan melihat deretan aplikasi yang terbagi ke dalam Memori Telepon, MicroSD, dan juga Sedang Berjalan. Nah, kamu sekarang pilih menu memori telepon dan lihat daftar aplikasi apa saja yang ada di sana.

4. Pindah microSD

Menu Pindah MicroSD

Sekarang kamu tinggal pilih aplikasi mana yang ingin dipindah ke memori eksternal. Lihat di bagian bawah keterangan aplikasi terdapat sebuah kolom atau tombol pindah ke microSD. Kamu bisa pilih tombol tersebut untuk memindahkan aplikasi ke microSD atau memori eksternal (move to SD Card). Tunggu beberapa saat sampai keterangan di tombol tersebut berubah. Lakukan cara yang sama jika kamu ingin memindahkan aplikasi ke memori internal.

Lalu bagaimana jika tidak bisa dipindah? Ya, memang ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dipindah ke memori eksternal, seperti BlackBerry Messenger (BBM), WhatsApp, dll. Jika kamu tetap ingin memindahkan aplikasi tersebut, maka kamu harus melakukan root Android dulu.

Namun perlu kamu tahu, melakukan root Android bisa menghilangkan garansi keamanan dari Google. Jadi kamu harus pikirkan baik-baik sebelum mengambil keputusan.

About the author /


Post your comments