Laptop Panas Berlebih? Dinginkan dengan Uang Koin

Pendingin Laptop

CiriCara Tekno – Semua laptop atau notebook sebenarnya sudah dibekali dengan sistem pendingin khusus. Namun karena pemakaian yang terlalu lama dan terlalu sering menjalankan aplikasi atau game berat, terkadang panas laptop tidak bisa diatasi oleh sistem pendinginnya. Harus bagaimana?

Panas laptop yang berlebih bisa berakibat buruk pada komponen elektronik di dalamnya, khususnya yang tidak tahan panas. Untuk mengatasinya, tentu Anda bisa mematikan laptop terlebih dahulu agar tidak terlalu panas. Tunggu beberapa saat sampai suhu di laptop kembali normal, barulah laptop bisa dipakai kembali.

Tidak mau ribet? Seorang pengguna Twitter asal Jepang berhasil menemukan cara praktis dan sederhana untuk mendinginkan laptop tanpa harus dimatikan terlebih dahulu. Pemilik akun bernama @akinori_suzuki ini mengaku hanya menggunakan beberapa uang koin 100 yen untuk menjaga agar laptopnya tidak kepanasan atau overheating.

@akinori_suzuki menggunakan uang koin 100 yen sebagai pendingin laptop. Caranya cukup susun dan letakkan koin di bagian atas laptop yang terasa panas. Nantinya panas di laptop akan berpindah ke koin yang menjadikan laptop tetap “adem”.

Pendingin Laptop

Ist/Twitter @akinori_suzuki

Kenapa bisa begitu? Seperti yang dilansir dari Teknologi Metro, @akinori_suzuki menjelaskan bahwa, uang koin 100 yen yang terbuat dari tembaga terbukti dapat menghantarkan panas lebih baik ketimbang heatsink aluminium yang digunakan di kebanyakan laptop kelas bawah.

Teori yang diungkap @akinori_suzuki itu pun mendapat perhatian dari sejumlah netizen. Sudah banyak yang mencobanya sendiri di laptop dan bahkan untuk PC. Seperti yang dilakukan oleh akun Twitter @k_nitadori, ia mengganti heatsink di PC-nya dengan sejumlah uang koin 100 yen.

Pendingin PC

Ist/Twitter @k_nitadori

Jika itu uang koin 100 yen dari Jepang, lalu bagaimana dengan uang koin di Indonesia? Kebanyakan uang koin yang beredar di Indonesia saat ini bukan terbuat dari campuran tembaga, karenanya tidak bisa dipakai untuk mendinginkan laptop. Namun, Anda bisa menggunakan lempengen tembaga langsung atau juga mencari uang koin Rp 500 keluaran lama, yang warnanya masih kuning keemasan sebagai pendingin laptop.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Source: Metrotvnews.com

About the author /


Post your comments