Nonton YouTube Pakai Opera Max, Hemat Data 50 Persen

CiriCara Tekno – Bagi Anda pengguna smartphone yang hobi nonton video di YouTube tentu sering merasakan borosnya data internet. Hal ini mungkin bisa menyebabkan Anda jadi kapok dan tidak mau lagi nonton video di YouTube. Mau nonton video YouTube tapi paket data internet tetap hemat?

Opera membawa kabar gembira untuk Anda pecinta video YouTube melalui aplikasi terbarunya yang bernama Opera Max. Aplikasi yang sudah resmi dikenalkan Opera pada bulan Juni lalu ini diklaim mampu menghemat penggunaan data internet pada smartphone saat dipakai untuk menonton video YouTube.

Menurut pihak Opera, aplikasi Opera Max besutannya mampu menghemat data penggunaan YouTube hingga 50 persen. Tidak hanya YouTube, browser ini juga bisa menghemat 60 persen data internet di Instagram dan juga Flipboard. Tidak heran jika aplikasi ini sudah mulai banyak diunduh pengguna smartphone.

Indonesia sendiri masuk dalam daftar 6 negara dengan pengguna Opera Max terbanyak. India menjadi negara paling banyak menggunakan Opera Max, disusul Indonesia diposisi dua, kemudian Brasil, Rusia, Nigeria, dan Bangladesh.

Opera memilih YouTube karena melihat kebanyakan warga Indonesia diketahui hobi menonton video melalui smartphone. Berdasarkan data dari WillwardBrown, rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan waktu selama 54 menit setiap harinya untuk menonton video. Dimana 52 persen konten video tersebut diakses melalui paket data.

Untuk ke depannya, Opera berencana untuk mendesain Opera Max agar lebih hemat data untuk game. Apalagi diketahui banyak pengguna smartphone yang menghabiskan banyak data untuk bermain game. Namun data game belum bisa dikompresi karena datanya dienkripsi.

Saat ini Opera Max hanya tersedia untuk smartphone berbasis Android. Menurut Ivollex Hodiny, Growth Director untuk Asia, Opera Software, pihaknya akan segera mempersiapkan Opera Max untuk sistem operasi lain di tahun depan.

Download Opera Max Android.

About the author /


Post your comments