Presentase Jumlah Pengguna Android vs iOS di Dunia, Lebih Banyak Mana?

iOS Vs Android

CiriCara Tekno – Sistem operasi Android dan iOS memang memiliki penggemarnya masing-masing. Banyak yang suka Android karena dinilai lebih fleksibel dan tidak repot, tapi banyak pula yang menyukai iOS karena dinilai lebih bisa diandalkan dalam menjaga privasi dan keamanan penggunanya.

Di Indonesia sendiri, pengguna smartphone lebih banyak memilih Android ketimbang iOS. Hal ini bisa dipicu karena banyaknya smartphone Android dari berbagai merek yang dipasarkan dengan harga murah. Sementara iOS hanya mengandalkan smartphone besutan Apple, iPhone yang diketahui memiliki harga lebih mahal.

Seperti diketahui, sistem operasi Android ini bisa diadopsi merek smartphone apa saja yang telah bekerja sama dengan Google. Sementara iOS merupakan sistem operasi buatan Apple yang hanya diadopsi produk-produk buatan Apple itu sendiri, seperti iPhone, iPad, Mac Book, dan lainnya. Jadi tidak heran jika produk Android terus membanjiri pasar.

Di Amerika Serikat saja, berdasarkan penelitian yang dirilis oleh Nielsen pada kuartal ketiga 2015, Android diketahui berhasil mendominasi pasar smartphone Amerika dengan presentase mencapai 52,6 persen. Sementara iOS menempati peringkat kedua dengan presentase 42,7 persen, padahal Amerika adalah negara asal dari iOS.

presentase os

Presentase pengguna smartphone berdasarkan sistem operasi di Amerika Serikat 2015, Nielsen Company

Tidak hanya mendominasi pasar di Indonesia dan Amerika Serikat, ternyata Android juga unggul di pasar smartphone di seluruh dunia. Seperti yang diungkap oleh International Data Corporation (IDC), presentase Android di pasar dunia mencapai 82,8 persen, sementara iOS hanya memperoleh 13,9 persen saja.

Data presentase tersebut diperkuat dengan laporan Wall Street Journal yang melaporkan bahwa saham Apple (pembuat iOS) saat ini dalam keadaan terburuk dalam kurun waktu 2 tahun terakhir. Apple tetap harus waspada dengan gempuran Android jika tidak ingin bernasib sama seperti sistem operasi smartphone lainnya.

Meskipun kalah dalam presentase pangsa pasar, Apple masih tetap menjadi merek terkenal dan berharga di dunia. Namun gelar Apple ini pun bisa saja direbut oleh sejumlah perusahaan ternama lainnya jika Apple tidak memberikan inovasi yang lebih menarik di tahun depan. Kita lihat saja nanti bagaimana strategi Apple melawan gempuran Android.

About the author /


Related Articles

Post your comments