Tips Foto Selfie Agar Tidak Di-bully

Foto SelfieDibully

CiriCara Tekno – Tren foto selfie di Indonesia nampaknya masih sangat populer hingga saat ini. Buktinya banyak pengguna media sosial yang memamerkan foto selfie-nya. Hampir setiap hari pasti ada saja yang mengunggah foto selfie, khususnya pengguna medsos yang berusia remaja. Apakah kamu juga penggila foto selfie?

Perlu kamu tahu, tidak semua foto selfie yang kamu unggah ke medsos akan mendapat tanggapan positif. Beberapa bahkan ada yang mendadak di-bully gara-gara foto selfie-nya, seperti Aaron Ashab dan yang terbaru akun Instagram @hestisundari_ yang di-bully karena dianggap telah merusak taman bunga amarylis di Yogyakarta.

Tidak mau di-bully gara-gara foto selfie? Ikuti beberapa tips berikut ini:

1. Pertimbangkan dulu sebelum diunggah

Tidak semua yang menurut kamu keren akan dinilai sama oleh orang lain. Pikir dulu sebelum mengunggah foto selfie, lihat kemungkinan efek negatifnya. Jangan sampai kamu di-bully dan bahkan harus berurusan dengan hukum, seperti yang terjadi pada mahasiswi foto selfie bareng kuncing hutan buruannya yang ternyata termasuk hewan dilindungi.

2. Tempat yang tepat dan ramah lingkungan

Jangan cuma demi mendapatkan hasil foto selfie cantik (menurut kamu), lantas kamu kurang peduli dengan kondisi lingkungan sekitar. Usahakan foto selfie di tempat yang indah, tapi kamu juga harus bisa menjaga keindahan tempat tersebut. Jangan sampai kamu di-bully karena merusak lingkungan.

3. Jangan aneh-aneh

Kita memang diberi kebebasan di media sosial, namun bukan berarti kita boleh mengunggah semua yang kita mau. Lebih baik simpan foto yang aneh-aneh sebagai koleksi pribadi. Sebagai gantinya, unggah lah foto selfie yang sederhana tapi tetap terlihat indah di mata orang lain.

4. Ikuti tren yang wajar

Belakangan ini memang banyak tren-tren foto selfie bertebaran di media sosial. Nah, kamu harus bisa membedakan mana tren yang patut diikuti dan mana yang tidak. Jangan cuma bisa ikut-ikutan, tapi kamu juga harus bisa berpikir maju ke depan.

5. Hapus dan minta maaf

Jika sudah telanjur di-bully, sebaiknya segera hapus foto yang sudah diunggah. Jangan lupa juga untuk minta maaf kepada semua teman di medsos agar tidak jadi masalah yang berkepanjangan. Mungkin kamu tidak terima di-bully, tapi cobalah untuk berlapang dada dan meminta maaf. Jadikan hal ini sebagai pembelajaran yang berharga.

Selain kelima tips di atas, kamu juga harus memperhatikan faktor keamanan saat melakukan selfie. Jangan sampai kamu jadi korban foto selfie berbahaya yang sering terjadi belakangan ini. Semoga bermnafaat!

About the author /


Related Articles

Post your comments