11 Situs atau Blog Radikal yang Diblokir Kominfo

CiriCara Tekno – Untuk mencegah aksi radikalisme seperti yang terjadi di Sarinah, Jakarta, beberapa hari lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) langsung melakukan sejumlah pemblokiran di internet. Situs, blog, dan akun media sosial yang dinilai menyebarkan konten radikal akan langsung diblokir Kominfo.

Seperti yang dikutip dari Tribunnews, Kominfo telah memblokir sejumlah akun media sosial penyebar konten gerakan radikal. Di antaranya akun Facebook atas nama Muhammad Subkhan Khalid, Batalion Inghimasi, Mujahidah Sungai Eufrat, dan Muhammad Bahrunnaim Anggih Tantomo.

Tidak hanya akunnya, Kominfo juga memblokir semua video radikal yang telah diunggah ke Facebook oleh akun tersebut. Sampai akhir tahun 2015 lalu, sebanyak 78 video radikalisme Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang beredar di internet sudah berhasil diblokir Kominfo.

Akun media sosial Twitter juga tidak luput dari pembokiran Kominfo. Diketahui dua akun Twitter @kdmedia16 dan @globalkdi yang dinilai menyebar konten radikal sudah diblokir Kominfo. Akun Telegram Jihadmedia01 juga sudah diblokir dan tidak bisa diakses lagi di internet. Akun-akun tersebut diketahui memberikan dukungan atas aksi teror bom di Sarinah.

Kominfo juga telah memblokir 11 situs atau blog yang dinilai menyebarkan konten radikalisme. Berikut daftarnya, seperti yang dikutip dari Tribunnews:

1. bahrunnaim.co
2. dawlahislamiyyah.wordpress.com
3. keabsahankhilafah.blogspot.co.id
4. khilafahdaulahislamiyyah.wordpress.com
5. tapaktimba.tumblr.com
6. thoriquna.wordpress.com
7. tauhiddjihat.blogspot.com
8. gurobahbersatu.blogspot.com
9. bushro2.blogspot.co.id
10. mahabbatiloveislam.blogspot.co.id
11. azzam.in

Meski sudah melakukan upaya pemblokiran terhadap konten-konten di atas, Kominfo menduga masih ada konten radikalisme lainnya yang belum terungkap. Untuk itu Kominfo meminta kerjasama masyarakat untuk melapor apabila menemukan konten berisi radikalisme.

“Untuk mendukung penanganan akun-akun radikal yang masih tayang di internet, kami mengharapkan partisipasi masyarakat dengan melaporkan pada Kemenkominfo melalui email aduankonten@mail.kominfo.go.id,” jelas Kominfo.

About the author /


Related Articles

Post your comments