230 Ribu Virus Komputer Baru Muncul Setiap Hari di 2015

Ist

CiriCara Tekno – Penyebaran virus pada perangkat komputer semakin memprihatinkan. Bahkan, jumlah virus komputer yang beredar saat ini masih terus bertambah dengan sangat cepat. Karenanya pengguna komputer diharapkan untuk lebih waspada dan segera melengkapi perangkatnya dengan sistem pengamanan anti virus.

Seperti yang diungkap dari data baru keluaran Panda Security, pihaknya berhasil mendeteksi 84 juta virus baru lintas platform sepanjang tahun 2015 lalu. Menurut perusahaan keamanan internet ini, jumlah virus yang terdeteksi tersebut 9 juta lebih banyak dibanding jumlah virus yang terdeteksi pada tahun 2014.

Panda Security juga memperkirakan bahwa sebanyak 230.000 virus baru muncul setiap harinya. Dari semua data yang berhasil dikumpulkan Panda Security, total sudah ada sekitar 304 miliar virus yang berhasil terdeteksi oleh perusahaan keamanan internet ini. Dari sekian banyak virus yang ada, 60,3 persen di antaranya berjenis Trojan.

Selain mengungkap data jumlah virus yang sudah terdeteksi, Panda Security juga merilis negara mana saja yang paling banyak terserang virus. Ya, China menjadi negara yang paling banyak terinfeksi virus komputer. Diketahui sekitar 57,24 persen komputer yang ada di sana sudah terinfeksi virus.

Berikutnya ada Taiwan yang mencatatkan presentase sebesar 49,15 persen. Kemudian Turki ada di posisi ketiga dengan presentase 42,52 persen dan diikuti oleh Kolombia (33,17 persen) di posisi keempat sebagai negara paling banyak terinfeksi virus komputer.

Sementara itu, negara-negara di Eropa nampaknya masih cukup aman dari serangan virus komputer. Presentase serangan virus komputer di negara-negara Eropa saat ini jadi yang paling rendah. Dan Finlandia menjadi negara dengan tingkat infeksi virus paling rendah di dunia, dimana hanya ada 20,32 persen komputer di sana yang terkena virus.

Ancaman virus komputer tidak hanya bisa merusak perangkat saja. Beberapa ada virus yang bisa merusak sekaligus mencuri data-data penting yang ada di komputer korban. Untuk itu sangat penting membekali perangkat komputer Anda dengan anti virus.

About the author /


Post your comments