Awas! Situs Ini Bisa Buat Smartphone Jadi Hang

Smartphone Hang

CiriCara Tekno – Perbuatan iseng di media sosial memang sangat beragam. Mulai dari menyebar foto tidak sopan yang ditandai ke teman, hingga menyebar link yang berisi jebakan. Karenanya pengguna media sosial diminta untuk tidak mudah percaya saat menerima link tidak jelas, baik itu dari akun media sosial teman.

Seperti yang muncul baru-baru ini, banyak netizen yang menyebar link atau tautan dari sebuah situs bernama CrashSafari.com. Parahnya, siapa saja yang mencoba mengakses atau membuka situs tersebut dengan smartphone, maka akan mengalami hang atau crash pada browsernya. Browser smartphone yang tadi dipakai akan langsung menutup dengan sendirinya.

Dari informasi yang dilansir Phone Arena, hal serupa juga terjadi pada berbagai macam browser mulai dari Chrome sampai Firefox yang berjalan di sistem operasi Windows dan Android. Browser tersebut langsung hang setelah mencoba membuka situs CrashSafari.com. Bahkan pada iPhone dan iPad, situs tersebut menyebabkan dua perangkat canggih ini langsung “restart” sendiri.

Namun berbeda dengan browser Internet Explorer 11 pada Windows 8.1, browser besutan Microsoft ini ternyata tidak terpengaruh saat dipakai untuk membuka situs CrashSafari.com. Browser yang sering dipandang sebelah mata ini ternyata sudah kebal dan tetap bisa bejalan dengan baik saat mengakses situs jebakan itu.

Meskipun demikian, situs CrashSafari.com tersebut sebenarnya tidak mengandung virus yang berbahaya untuk smartphone. Situs tidak dikenal ini hanya berisi kode yang bisa mengganggu proses pembukaan URL pada sejumlah browser sehingga mengakibatkan browser tersebut hang dan bahkan ikut membuat smartphone jadi mati sendiri.

Buat kamu yang tidak ingin terjebak situs CrashSafari.com, sebaiknya harus berhati-hati saat meng-klik tautan link di media sosial. Hal ini karena banyak orang iseng yang telah menggunakan shortener untuk menyamarkan alamat CrashSafari.com sehingga si calon korban tidak akan tahu situs apa yang tersembunyi di dalamnya.

Seperti diketahui, bukan hanya situs iseng, di media sosial juga sedang marak situs porno yang menyebarkan link berisi virus spam. Pengguna media sosial yang sekali saja terbujuk untuk mengklik link tersebut maka akan langsung terinveksi dan akhirnya ikut menyebarkan link tidak jelas di grup yang diikuti oleh akunnya.

Waspadalah!

About the author /


Post your comments