Bocah 7 Tahun Habiskan Rp 82 Juta untuk Game

iPad

CiriCara Tekno – Bagi Anda yang sering membiarkan anak bermain dengan gadget pribadi Anda sebaiknya mulai berhati-hati. Tidak hanya berpotensi membuat pulsa Anda habis, tapi juga bisa membuat keuangan Anda “bocor” akibat ketidaktahuan si anak.

Seperti yang dialami Mohamed Shuga, ayah 32 tahun ini dibuat kaget saat melihat transaksi di kartu kreditnya. Ia tidak menyangka ada transaksi sebanyak 5.900 dollar AS atau sekitar Rp 82 juta hanya untuk membeli item-item game di smartphone.

Awalnya Mohamed kebingungan kenapa ada transaksi kartu kredit sebesar itu. Apalagi Ia merasa yakin tidak pernah bermain dan membeli item game melalui akun Apple miliknya. Namun setelah ditelusuri, akhirnya Mohamed tahu bahwa tagihan gemuk itu muncul akibat ulah anaknya, Faisall Shuga.

Seperti yang dilansir dari laman Phone Arena, Jumat (8/1/2016), Faisall ternyata hafal password Apple ID milik ayahnya. Bocah berusia 7 tahun ini pun dengan mudahnya membeli semua item game yang dia inginkan tanpa tahu pembelian tersebut melibatkan uang nyata.

Total ada 65 transaksi pembelian item game dari tanggal 13 Desember sampai 18 Desember 2015. Dimana transaksi terbanyak dilakukan Faisall untuk membeli item game Jurrasic World yang terinstall di iPad milik ayahnya.

Mohammed pun tidak mau terus-terusan menyalahkan anaknya dan memilih untuk mengadukan kejadian tersebut ke pihak Apple. Ia protes kenapa Apple tidak memberikan notifikasi ke e-mail-nya saat ada transaksi pembelian item dalam jumlah yang besar.

“Kenapa mereka tak e-mail saya dan mengecek apakah saya mengetahui semua transaksi itu? Saya tak dapat pemberitahuan apa-apa,” protes Mohammed, seperti dikutip dari Kompas Tekno, Jumat (8/1/2016).

Menanggapi protes Mohamed, Apple hanya memberikan pernyataan normatif yang menyatakan bahwa pihaknya tidak bertanggung jawab atas tindakan Faisall. Namun setelah Mohamed mengaku butuh uang untuk membeli kado Natal untuk anak-anaknya, akhir pihak Apple luluh dan membebaskan tagihan bengkak tersebut dari Mohamed.

Kejadian ini bisa jadi pembelajaran yang sangat berharga untuk orang agar tetap mengawasi anak saat menggunakan gadget. Semoga bermanfaat!

About the author /


Related Articles

Post your comments