Cara Aman Internetan Pakai WiFi Gratisan

wifi

CiriCara Tekno – Saat ini sudah banyak tempat-tempat umum yang menyediakan layanan WiFi gratis. Mulai dari tempat wisata, restoran, hingga pusat perbelanjaan. Tapi apakah semua jaringan WiFi gratisan tersebut aman untuk dipakai?

Tidak semua WiFi gratis yang terdeteksi oleh perangkat itu aman. Pasalnya ada hacker yang memang sengaja menyebar jaringan WiFi palsu untuk mencuri data-data penting milik korban. Tentu kamu tidak mau kan mengalaminya? Ikuti cara-cara berikut ini:

1. Jangan percaya WiFi tanpa password

Hampir semua jaringan WiFi selalu meminta password sebelum bisa terkoneksi. Karenanya kamu harus berhati-hati saat mendeteksi WiFi namun tidak dibekali password, bisa jadi itu jebakan. Bahkan, WiFi yang memiliki password pun sering dipalsukan hacker untuk menjebak korban. Karenanya jangan mudah percaya!

2. Batasi pemakaian

Menggunakan WiFi gratisan tidak seaman menggunakan koneksi internet di rumah sendiri maupun jaringan seluler langsung. Untuk itu, sebaiknya kamu tidak mengakses akun-akun penting saat menggunakan WiFi gratisan. Misalnya tidak membuka akun m-banking, email, facebook, atau akun lain yang menyimpan banyak data pribadi.

3. Unduh plugin

Buat kamu yang sering menggunakan laptop untuk mengakses WiFi gratisan, tidak ada salahnya untuk mengamankan browser dengan unduh plugin. Jika kamu pengguna browser Chrome, Firefox, dan Opera, sebaiknya unduh plugin HTTPS Everywhere dari Electronic Frontier Foundation (EFF). Dengan demikian kamu bisa terhubung ke situs penting dengan aman.

4. Hanya HTTPS

Ubah pengaturan browser untuk mengakses situs hanya https saja. Karena https ini biasanya selalu mengenkripsi apapun yang pengguna kirim dan terima dari situs yang dikunjungi, sehingga hacker akan sulit mencurinya. Mode https ini akan membuat browser langsung berhenti saat kamu membuka atau tertipu situs palsu yang bukan dari https.

5. Gunakan jaringan VPN

Jaringan virtual private network (VPN) akan membuat perangkat kamu jadi lebih aman saat mengakses WiFi gratisan. Layanan VPN akan mengenkripsi semua data yang kamu terima dan kirimkan selama terkoneksi dengan WiFi gratis. Untuk lebih amannya, kamu bisa menggunakan VPN dari ProXPN, Cyber Ghost, Your Freedom, dan HotSpot Shield.

Selain kelima cara di atas, sebaiknya kamu juga harus membiasakan diri untuk mematikan WiFi pada laptop maupun smartphone jika sudah tidak dipakai. Hal ini mencegah perangkat terkoneksi ke WiFi secara otomatis. Semoga bermanfaat!

About the author /


Post your comments