Cara Unik Berbagi Password WiFi dengan Pisang

CiriCara Tekno – Untuk menikmati layanan WiFi gratis di sebuah hotel, restoran, atau cafe biasanya kita akan diberi selembar kertas yang berisi password WiFi. Namun selain membagi-bagikan kertas password, ternyata ada cara lain yang lebih unik. Yakni dengan menggunakan buah pisang. Kok bisa?

Salah satu pengguna forum Reddit, Sysvival berhasil membuat alat untuk membagikan password WiFi yang lebih praktis ketimbang harus membagikannya di sebuah kertas. Alat ini terdiri dari beberapa komponen, mulai dari Raspberry Pi plus layar, Makey Makey, kabel USB, kabel penjepit buaya, dan buah pisang.

Cara kerja alat ciptaan Sysvival ini cukup mudah, pengunjung hanya perlu menekan buah pisang yang sudah disediakan, maka layar Raspberry PI akan menampilkan voucher atau password WiFi yang berlaku untuk 8 jam. Jadi, pengunjung tidak perlu lagi bertanya ke resepsionis atau kasir hanya untuk menanyakan password WiFi.

Ist

Ist

Di tempat kerjanya, Sysvival memang ditugaskan untuk membuat password WiFi yang hanya berlaku untuk 8 jam. Ia kemudian mencetak masing-masing password ke sebuah kertas untuk dibagikan ke pengunjung yang datang ke tempat kerjanya. Namun karena tidak begitu suka dengan cara ini, akhirnya Sysvival pun membuat alat pembagi password digital.

5.000 password WiFi yang berhasil Sysvival kumpulkan kemudian dimasukkan ke dalam Raspberry PI. Dengan menghubungkan makey-makey dan buah pisang, alat pembagi password WiFi digital ini pun berhasil berjalan dengan baik.

“PI memiliki 5000, 8 jam voucher (password WiFi). Kami buka 200 hari setahun. Jika kita memiliki 10 tamu sehari, maka ini akan bekerja tanpa pengawasan selama beberapa tahun dengan mudah. Tidak ada lagi pencetakan voucher lagi dan tidak ada yang mengganggu resepsionis,” jelas Sysvival di forum Reddit.

Sysvival yang juga merupakan administrator jaringan ini menjelaskan, pengunjung saat ini hanya perlu menekan buah pisang dengan sedikit tenaga untuk mendapatkan password WiFi. Layar Raspberry PI akan memunculkan password WiFi saat buah pisang ditekan.

Kenapa buah pisang? Buah pisang ini sangat baik untuk kredensial jaringan nirkabel. Selain itu, buah pisang juga memiliki nilai ekonomi yang murah.

Bagaimana? Sangat kreatif bukan?

About the author /


Post your comments