Gamer Ini Tidak Bisa Registrasi Game Karena Namanya Dikira Teroris

Ist

CiriCara Tekno – Setiap pemain atau gamer yang akan membuat akun baru pasti diminta untuk mengisikan nama lengkapnya di kolom registrasi. Begitulah yang dilakukan gamer bernama Muhammad Zakir Khan yang ingin mencoba game MOBA baru besutan Epic Games yang berjudul Paragon.

Namun bukannya berhasil, registrasi akun Khan ditolak gara-gara nama panjang yang dia ketikkan. Ternyata nama yang dipakai Khan, “Muhammad Khan” masuk dalam daftar khusus milik pemerintah Amerika Serikat. Nama tersebut ternyata masuk dalam nama-nama yang berpotensi melakukan tindakan kejahatan, seperti terorisme.

Khan mengaku sempat kaget dan bingung kenapa namanya ditolak dari sistem registrasi game Paragon. Pria yang merupakan warga negara Amerika Serikat ini pun terus mencoba namun hasilnya tetap sama. “Saya pikir saya sedang di-hack,” kata Khan, seperti dikutip dari Kotaku.com, Rabu (13/1/2016).

Gamer

Menyadari namanya dikira “teroris” oleh sistem registrasi game, Khan pun langsung mencuitkan kekesalannya di Twitter dengan mention akun Epic Games selaku pembuat game Paragon. Dalam cuitannya, Khan memposting foto kegagalan register dengan keterangan, “Nama Saya Khan, saya bukan seorang teroris. #Islamophobia.”

Khan juga menjelaskan bahwa nama yang ia pakai sebelumnya tidak pernah bermasalah saat dipakai untuk register game lain, seperti Blizzard, Steam, dan Origin. Ia pun menyayangkan kesalahan sistem registrasi Paragon yang terkesan mendiskriminasi namanya tersebut.

Twitter Gamer

Menerima laporan Khan, akun Twitter Tim Sweeney, selaku co-founder dari Epic Games pun langsung meminta maaf. Tim pun menjelaskan bahwa kesalahan yang terjadi pada sistem registrasi tersebut bukan karena kesengajaan, melainkan karena berhubungan dengan kebijakan pemerintah Amerika Serikat.

Tidak lama setelah menerima keluhan dari Khan, Tim pun langsung mengatasi masalah tersebut agar Khan bisa register game Paragon. Game MOBA terbaru ini sendiri baru dirilis dalam versi program tes beta.

Ada-ada saja!

About the author /


Post your comments