Hacker Muda Ini Dihukum Penjara 334 Tahun

Onur Kopcak

CiriCara Tekno – Seorang hacker muda asal Turki, Onur Kopcak dijatuhi hukuman penjara selama 334 tahun. Onur didakwa bersalah atas dua tuduhan peretasan dan pencurian data kartu kredit nasabah bank. Pria berusia 26 tahun ini nampaknya akan menghabiskan sisa hidupnya di balik jeruji besi.

Minggu (10/1/2016) lalu, pengadilan Kriminal Mersin, memutus Onur bersalah atas pencurian data kartu kredit 11 orang. Atas perbuatannya tersebut, hakim mengganjar Onur dengan hukuman 135 tahun penjara. Hukuman yang terbilang sangat lama, mengingat hanya sedikit orang yang bisa bertahan hidup selama itu.

Onur sendiri mempertanyakan keputusan hakim yang memberikan hukuman begitu panjang untuknya. Meski tidak terima dengan keputusan hakim, Onur mengaku tidak akan melakukan banding atas hukuman tersebut. Ia lebih memilih menerima dengan pasrah.

Apa tujuan dari masa tahanan yang begitu panjang adalah sebuah misteri. Saya tidak pantas mendapatkanya, tapi saya tidak akan melakukan banding karena saya yakin tidak ada penyelesaian berdasarkan hukum yang berlaku saat ini,” ujar Onur.

“Anda melihat saya satu kali melalui panggilan video dan menjatuhkan hukuman 135 tahun penjara. Jika ditanya Anda bahkan tidak akan ingat warna kulit saya,” tambah Onur seperti dilansir Focus, dan dikutip dari Okezone.com, Kamis (14/1/2016).

Sebelumnya pada 2013, Onur juga diputus bersalah atas tuduhan pencurian data 43 nasabah bank. Hakim pun menjatuhkan hukuman 199 tahun penjara kepada Onur. Meski Onur sempat mengajukan banding ke Mahkamah Agung Turki, namun hasil yang didapat tetap sama. Hal ini yang membuat Onur tidak mau lagi mengajukan banding.

Dengan dua dakwaan tersebut, Onur kini total harus menjalani masa hukuman 334 tahun penjara. Onur diperkirakan baru bisa bebas dengan masa percobaan setelah menjalani masa hukuman 28 tahun. Hacker muda ini jadi hacker pertama yang mendapat hukuman penjara terlama di dunia.

Sekadar info, Pengadilan Turki memang dikenal sebagai yang paling ganas dalam menangani kasus kejahatan cyber. Hakim-hakim di Turki terkenal tidak segan untuk memberikan hukuman penjara yang sangat lama untuk para hacker bahkan melebihi masa umur manusia sekali pun.

About the author /


Post your comments