Hati-hati Flashdisk Palsu, Kapasitas Besar Ternyata Kecil

Flashdisk Palsu

CiriCara Tekno – Media penyimpanan eksternal seperti flashdisk sudah menjadi buruan banyak orang. Kapasitasnya yang besar dan mudah dibawa-bawa menjadi salah satu alasan kenapa flashdisk sangat populer dan banyak dicari. Apakah kamu juga ingin membeli flashdisk baru?

Hati-hati! Ternyata saat ini banyak beredar produk flashdisk palsu di pasaran. Flashdisk palsu ini menawarkan kapasitas penyimpanan yang besar namun dibanderol dengan harga yang murah. Jangan sampai kamu tertipu seperti yang diungkap pemilik akun Facebook, Tien En.

Dalam postingan di Facebook, Tien En menceritakan bahwa flashdisk 64GB yang ia beli adalah flashdisk palsu. Saat dicek, ternyata kapasitas asli flashdisk tersebut hanya 832MB. Kecurigaan ini muncul saat Tien En mengetahui ukuran file yang dipindah ke flashdisk menjadi lebih kecil dibanding ukuran file asli. Padahal saat proses pemindahan tidak ada notifikasi gagal.

Tien En menduga ada manipulasi firmware di flashdisk palsu tersebut sehingga tidak bisa dideteksi sistem komputer. Pasalnya saat dicek dengan melalui perangkat komputer, terlihat kapasitas flashdisk itu tetap berukuran sekitar 62GB. Padahal kapasitas aslinya hanya sekitar 832MB saja.

“Ini hanya mungkin terjadi jika ada MANIPULASI ditingkat FIRMWAREnya…(dari pihak pembuat chipnya… firmware itu tak mudah, dan cara mengubahnya diketahui oleh pembuatnya sendiri!),” demikian kutipan dari dugaan yang ditulis Tien En di Facebook, seperti dikutip dari Merdeka.

Lebih lanjut, Tien En menilai flashdisk palsu tersebut sangat berbahaya jika digunakan untuk menyimpan file yang penting. Hal ini karena bisa saja file yang penting tersebut akan ter-overwrite oleh file baru yang dipindah ke flashdisk saat kapasitasnya sudah tidak mencukupi. Akibatnya file yang ter-overwriter akan hilang.

“TETAP TIDAK AMAN!… karena OS akan mengira ada ruang yg besarrr, jadi bisa sementara saving di ruang kosong tersebut, padahal alamatnya DIBELOKKAN ke ruang 800 MB yg ada, bisa terjadi overwrite, tanpa LAPORAN ERROR!.. tahu tahu banyak file yg akan rusak! tanpa bisa diperbaiki lagi… jadi ini TETAP BAHAYA!,” ungkap Tien En.

Secara fisik, flashdisk palsu tersebut terlihat mirip dengan flashdisk asli. Karenanya Anda diminta untuk lebih waspada saat ditawari flashdisk merek terkenal dengan kapasitas besar yang dibanderol harga murah. Jangan sampai file penting Anda hilang atau terhapus hanya karena flashdisk palsu.

Sekadar info, untuk flashdisk 64GB asli rata-rata dijual dengan kisaran harga lebih dari Rp 250 ribu. Jadi Anda patut curiga jika ada flashdisk 64GB yang dijual murah di bawah harga tersebut. Apalagi jika flashdisk tersebut mencatut nama merek terkenal.

About the author /


Related Articles

Post your comments