Hati-hati, Windows 10 Juga Rawan Diserang Hacker

Hacker

CiriCara Tekno – Microsoft telah secara resmi merilis sistem operasi terbarunya, Windows 10 ke publik. Antusias terhadap Windows 10 ini pun terbilang cukup tinggi. Jumlah penginstall sistem operasi Windows 10 diketahui lebih banyak ketimbang saat Microsoft pertama kali meluncurkan Windows 8. Lalu bagaimana soal keamanannya?

Para peneliti keamanan dari Foxglove Security mengungkapkan bahwa Windows 10 memiliki beberapa kelemahan. Dimana kelemahan tersebut bisa dipakai hacker untuk membobol sistem komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 7, 8, 8.1, 10, dan Windows Server 2008/2010.

Seperti yang dilansir Tech Worm, para peneliti bisa menjebol sistem keamanan komputer dengan cara menggabungkan 3 tipe serangan yang berbeda. Sebagian serangan ini sebenarnya sudah digunakan hacker sejak tahun 2000 lalu. Dengan teknik ini, hacker bisa mengendalikan komputer korban dari jauh. Mereka menyebutnya dengan teknik Hot Potato.

Kelemahan keamanan pada sistem Windows tersebut sebenarnya sudah ditemukan pada tahun 2000, lalu. Namun hingga saat ini pihak Microsoft belum memperbaiki kelemahan tersebut dengan alasan kompatibilitas antara sistem operasi mereka akan hilang.

Hot Potato merupakan teknik meretas Windows yang memanfaatkan 3 kelemahan keamanan pada sistem operasi tersebut. Salah satu kelemahan keamanan yang bisa dipakai untuk menjebol Windows adalah tidak efektifnya teknik NetBIOS Name Service (NBNS) lokal.

Dengan celah tersebut, hacker bisa membuat WPAD (Web Proxy Auto-Discovery Protocol) palsu untuk menyerang protokol autentikasi Windows NTLM (NT LAN Manager). Jika sudah berhasil dijebol, hacker bisa dengan mudah mengakses laptop korban sampai ke sistemnya.

Tidak hanya sekadar memberi teori, para peneliti juga mengunggah potongan video di YouTube yang menunjukkan bagamana mereka bisa membobol sistem pada Windows 7, 8, 10, Server 2008, dan Server 2012. Untuk melihat video tersebut, kamu bisa klik di sini.

Untuk itu, para pengguna Windows 10 diminta untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan laptop atau pun komputer mereka. Pastikan Anda sudah menggunakan aplikasi pengamanan dari serangan virus maupun hacker.

Semoga bermanfaat!

About the author /


Related Articles

Post your comments