Hebat! Drone Ini Bisa Menyelam Ke Dalam Air

Loon Copter

CiriCara Tekno – Drone pada umumnya beroperasi dengan cara terbang. Tapi beda dengan drone bernama Loon Copter. Prototipe dari proyek milik Embedded Systems Research dari Oakland University ini bisa melakukan kegiatan yang berbeda dari drone pada umumnya, yakni terbang dan juga menyelam.

Dari segi tampilan, Loon Copter memang terlihat tidak jauh beda dari drone yang sudah beredar di pasaran. Loon Copter ini memiliki empat baling-baling kecil yang akan berputar saat drone ini diterbangkan ke udara. Terdapat pula empat “kaki” penyangga untuk drone ini berdiri saat mendarat di tanah.

Loon Copter

Loon Copter saat mengudara – Ist

Meskipun demikian, Loon Copter ternyata punya kemampuan yang lebih dari drone biasa. Ya, drone yang masih dalam uji coba ini mampu menyelam ke dalam air. Tidak hanya menyelam, Loon Copter bahkan bisa bergerak layaknya kapal selam mini. Bagaimana caranya drone ini bisa menyelam?

Loon Copter ternyata sudah dibekali tangki Ballast layaknya sebuah kapal selam. Tangki ini berfungsi sebagai pemberat agar drone bisa menyelam. Saat Loon Copter menyelam, maka tangki Ballast akan terisi sehingga bebannya bertambah. Saat Loon Copter akan mengampung di permukaan air, maka tangki ini akan dikosongkan.

Loon Copter

Loon Copter menyelam – Ist

Saat menyelam dalam air, posisi Loon Copter akan berputar 90 derajat dari posisi saat dipakai untuk mengudara. Baling-baling yang ada di atas akan berubah posisi ke samping. Nah, baling-baling inilah yang akan berfungsi sebagai pengendali arah gerak Loon Copter selama menyelam ke dalam air.

Dalam uji coba yang dilakukan awal tahun 2015 lalu, Loon Copter mampu beroperasi dengan baik saat berada di dalam air. Bahkan, versi terbaru drone ini berhasil masuk ke babak semi final dalam UAE Drones for Good Award.

Loon Copter diharapkan bisa dipakai untuk berbagai fungsi, misalnya untuk mencari atau menyelamatkan orang hilang oleh tim SAR. Apalagi drone ini memiliki sejumlah kelebihan yang nantinya akan sangat berguna dalam proses pencarian.

Loon Copter

Loon Copter menyelam – Ist

Namun demikian, tim Oakland University menilai bahwa drone Loon Copter masih memiliki sejumlah kekurangan yang harus diperbaiki. Saat ini mereka tengah memprioritaskan cara agar Loon Copter bisa melakukan komunikasi secara nirkabel di bawah air dan juga navigasi.

Untuk Anda yang penasaran melihat aksi Loon Copter, berikut ada video yang bisa Anda tonton. Klik di sini untuk menonton video aksi Loon Copter di dalam air.

About the author /


Post your comments