Ini Hard Disk dengan Kapasitas Terbesar di Dunia 2016

Ist

CiriCara Tekno – Media penyimpanan atau hard disk memang menjadi salah satu komponen yang penting untuk perangkat komputer. Hard disk ini biasa dipakai untuk menyimpan file, program, maupun aplikasi pada komputer. Karena semakin besar kapasitas hard disk, maka data yang bisa disimpan pun akan semakin banyak.

Bicara soal kapasitas hard disk, perusahaan pembuat media penyimpanan flash, Fixstars baru saja meluncurkan hard disk dengan kapasitas terbesar di dunia saat ini. Hard disk jenis SSD ini memiliki kapasitas penyimpanan hingga 13 Terabyte (TB) dan diberinama SSD-13000 M. Seperti apa keistimewaan hard disk ini?

Selain memiliki kapasitas penyimpanan yang super besar, SSD-13000 M juga hadir dengan kemampuan yang cukup mumpuni dalam mengolah data. Hard disk ini mampu membaca data hingga kecepatan 540 MB per detik (MBps) dan mampu menyalin data dengan kecepatan hingga 520 MB per detik (MBps).

Hard disk SSD-13000 M dibekali disk controller khusus untuk mengatur suhu panas yang dirancang sendiri oleh Fixstars. Dengan demikian panas yang ditimbulkan tidak akan ikut merusak hard disk itu sendiri. Hard disk ini juga dibekali memori NAND MLC 15nm yang merupakan besutan Toshiba.

Untuk konsumsi dayanya, SSD-13000 M memakan daya 3 Watt saat idle dan hingga 6.5 Watt saat dioperasikan. Dan soal harga, hard disk super jumbo ini kabarnya akan dibanderol dengan harga sekitar USD 13 ribu atau setara dengan Rp 180 jutaan.

Harganya sangat mahal? Tentu saja. Hal ini karena Fixstars merancang SSD-13000 M khusus untuk perusahaan-perusahaan besar yang ingin memiliki hard disk berkapasitas jumbo untuk menyimpan datanya. Dibanding mengunggulkan performa mengolah data, SSD-13000 M dirancang khusus agar tetap seimbang.

Selain meluncurkan hard disk berkapasitas 13 TB, Fixstars juga meluncurkan hard disk dengan kapasitas yang lebih kecil, yakni 10 TB. Hard disk jenis SSD 10 TB ini bisa jadi pilihan buat pengusaha yang membutuhkan kapasitas penyimpanan sedang dan tidak terlalu besar.

About the author /


Related Articles

Post your comments