Jangan Iseng! Ini Cara Buat WhastApp Teman Kamu Crash

CiriCara Tekno – Baru-baru ini telah ditemukan sebuah celah keamanan pada aplikasi WhatsApp untuk perangkat berbasis Android. Celah keamanan atau bug ini bisa mengakibatkan aplikasi tersebut crash atau berhenti mendadak. Penasaran kenapa hal ini bisa terjadi?

Seperti yang dilansir dari Phone Arena, aplikasi WhatsApp Android ternyata bisa crash saat menerima pesan berisi setidaknya 5000 emoji. Awalnya aplikasi berkirim pesan singkat ini tetap bisa dibuka secara normal, namun saat pengguna akan membuka pesan berisi emoji tersebut, aplikasi akan crash dan menutup dengan sendirinya.

Kegagalan sistem tersebut diduga karena aplikasi WhatsApp Android memiliki batas karakter pesan yang diterima, yakni 6000 karakter. Jadi saat pesan berisi 5000 emoji diterima, maka aplikasi ini tidak akan bisa membukanya. Hal ini karena satu emoji saja sudah terdiri dari beberapa karakter, seperti emoji senyum 🙂 dibuat dari kombinasi “:” dan “)”.

Jadi buat kamu yang ingin membuat aplikasi WhatsApp teman crash, kirimi saja dia 5000 emoji. Namun perlu diperhatikan, sebaiknya kamu menggunakan aplikasi WhatsApp dari PC agar aplikasi WhatsApp di smartphone Android kamu tidak ikut crash.

Lalu bagaimana cara memulihkan aplikasi WhatsApp yang crash tersebut? Tenang, pengguna hanya perlu menghapus pesan berisi 5000 emoji tanpa harus membukanya. Caranya, tekan dan tahan pada pesan emoji tersebut selama beberapa detik dan kemudian pilih “hapus pesan” atau “delete”. Jika pesan sudah dihapus, pengguna sudah bisa chat seperti biasa.

Sebelumnya, hal serupa juga sempat ditemukan oleh dua remaja 17 tahun asal India, Indrajeet Bhuyan dan Saurav Kar. Kedua remaja ini menemukan pesan berisi 2000 huruf (2kb) yang terdiri dari set karakter khusus yang bisa membuat aplikasi WhatsApp versi Android crash. Untuk memulihkan aplikasinya, pengguna hanya perlu menghapus pesan tersebut.

Kedua kegagalan sistem keamanan tersebut masih menggunakan teori yang sama, yakni batas penerimaan pesan di WhatsApp. Jika pesan yang diterima sudah melebihi batas ketentuan, maka otomatis aplikasi WhatsApp tidak akan bisa membukanya dan terjadi crash.

Penemuan bug WhatsApp versi Android ini pun coba diabadikan kedua remaja asal India ini melalui sebuah video. Kamu bisa melihat videonya di sini.

Namun demikian, cara-cara di atas tidak untuk ditiru. Karena bisa saja pesan berisi 5000 emoji atau 2000 huruf dengan karakter khusus itu bisa merusak aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone teman kamu. Jadi jangan iseng!!

About the author /


Related Articles

Post your comments