JAQ, Power Bank dari Campuran Air dan Garam

CiriCara Tekno – Sebuah startup asal Swedia, MyFC berhasil menciptakan sebuah teknologi baru untuk pengisian daya baterai smartphone yang diberinama JAQ. Perangkat ini bisa dipakai sebagai power bank baterai smartphone dan bahkan tablet. Uniknya JAQ tidak menggunakan colokan listrik untuk pengisian daya, melainkan menggunakan air dan garam.

Dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2016 lalu, MyFC memamerkan JAQ sebagai perangkat portable pengisian daya smartphone untuk pengguna yang mempunyai mobilitas tinggi. JAQ ini memiliki ukuran yang cukup mungil, yakni 127 x 21 x 77 mm dengan bobot hanya 180 gram. Jadi sangat ringan untuk dibawa berpergian.

Cara kerja JAQ terbilang cukup sederhana. Perangkat ini terbagi dalam dua komponen, yakni PowerCard dan JAQ itu sendiri. Jika ingin menggunakan JAQ untuk mengisi daya baterai, PowerCard yang berisi campuran garam dan air harus dimasukkan terlebih dulu ke JAQ. Setelah itu JAQ bisa langsung dihubungkan ke smartphone menggunakan kabel USB.

JAQ

Teknologi JAQ memanfaatkan teori reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen (air) dengan garam sebagai elektron untuk menghasilkan energi listrik. Karena menggunakan bahan-bahan yang alami energi listrik yang dihasilkan JAQ dari PowerCard yang terpasang tidak akan menyisakan emisi.

Namun sayang, energi yang dihasilkan JAQ masih sebatas 1.800 mAh. Campuran air dan garam pada PowerCard juga hanya bisa diramu untuk sekali pakai. Itu artinya jika daya yang dipakai sudah habis, pengguna harus mengganti PowerCard atau mengganti cairannya dengan yang baru.

Meskipun hanya menghasilkan tenaga 1.800 mAh, JAQ tetap bisa diandalkan untuk mengisi ulang daya baterai smartphone yang habis di tengah perjalanan. Tidak hanya smartphone, JAQ juga sanggup mengisi daya baterai tablet yang memiliki kapasitas baterai lebih besar dibanding smartphone.

Belum diketahui berapa harga yang dibanderol untuk satu perangkat JAQ. Pihak MyFC juga belum memberikan bocoran apakah JAQ akan dipasarkan ke berbagai negara atau hanya negara tertentu saja.

About the author /


Post your comments