Microsoft: Komputer 2016 Harus Pakai Windows 10

Windows 10

CiriCara Tekno – Microsoft mengumumkan kebijakan baru untuk semua produk komputer yang akan menggunakan prosesor terbaru di tahun 2016 ini. Dimana komputer baru tersebut harus menggunakan sistem operasi Windows versi terbaru, yakni Windows 10 agar mendapat dukungan penuh dari Microsoft.

Menurut Microsoft, semua produk komputer yang menggunakan prosesor terbaru dari AMD, Intel, dan Qualcomm tidak akan lagi di-install sistem operasi Windows 7 atau pun 8. Semua perangkat dengan prosesor terbaru wajib menggunakan Windows 10. Jika tetap “membandel” Microsoft tidak akan memberikan dukungan terhadap perangkat tersebut.

Untuk komputer yang memakai prosesor Intel Skylake, Microsoft memang masih memberikan dukungan penggunaan Windows 7 atau Windows 8.1. Namun dukungan ini akan segera diakhiri Microsoft pada tanggal 17 Juli 2017. Itu artinya komputer yang memakai Skylake harus upgrade ke Windows 10 sebelum tanggal tersebut jika ingin tetap mendapat dukungan Microsoft.

Untuk komputer dengan prosesor buatan AMD dan Qualcomm, kebijakan baru Microsoft tersebut berlaku untuk prosesor generasi terbaru. Namun demikian beberapa pihak mengatakan bahwa prosesor AMD Zen juga akan ikut terpengaruh oleh kebijakan ini. Karenanya disarankan untuk segera upgrade ke Windows 10.

Perangkat yang berjalan di sistem operasi Windows namun tidak mendapat dukungan dari Microsoft akan rentan terkena serangan virus. Hal ini karena Microsoft tidak akan memperbarui sistem keamanan dan tidak akan memperbaiki jika muncul bug di sistem operasi tersebut. Karenanya sangat penting mendapat “restu” dari Microsoft.

Sementara itu, sejumlah perusahaan produsen komputer disebut telah siap dengan kebijakan baru Micosoft. Produsen komputer seperti Dell, HP, dan Lenovo disebut telah siap mengalihkan produknya ke sistem operasi Windows 10.

Sebelumnya, Microsoft juga telah mengumumkan penghentian dukungannya terhadap sistem operasi Windows 8.0. Microsoft pun menyarankan pengguna untuk beralih ke Windows 8.1 atau langsung upgrade ke Windows 10 setelah Windows 8.1 selesai di-install.

Kebijakan baru Microsoft tersebut dinilai sebagai upaya untuk membuat konsumennya beralih ke sistem operasi terbaru, Windows 10. Microsoft menegaskan untuk tahun depan tidak akan ada lagi perangkat yang memakai Windows versi di bawah Windows 10.

Namun demikian, Microsoft mengakui masih banyak pengguna yang tidak menghiraukan kebijakannya tersebut. Mereka tetap menggunakan sistem operasi versi lama meski tanpa adanya dukungan keamanan dari Microsoft.

About the author /


Related Articles

Post your comments