Microsoft Stop Dukungan Keamanan untuk Windows 8

CiriCara Tekno – Mulai tanggal 13 Januari 2016, Microsoft akhirnya secara resmi mengumumkan penghentian dukungan keamanan untuk sistem operasi Windows 8. Terkait keputusan ini Microsoft pun meminta pengguna Windows 8 untuk segera melakukan upgrade ke Windows 8.1 agar tetap aman.

Terhitung sejak tanggal tersebut, pengguna Windows 8 tidak akan mendapat akses ke patch dan update untuk menjaga perangkat lunak mereka tetap aman dari serangan virus. Artinya, perangkat yang masih menggunakan Windows 8 berpotensi diretas hacker jika ada bug yang muncul di kemudian hari.

Demi keamanan, Microsoft pun menyarankan pengguna Windows 8 untuk segera menginstal atau upgrade ke Windows 8.1 versi Update. Untuk mendapatkan Windows 8.1, pengguna bisa mengunjungi toko online Windows. Setelah Windows 8.1 terinstall, pengguna juga bisa mengupgrade ke Windows 10 gratis.

“Tidak seperti paket layanan yang biasanya hanya kumpulan perbaikan, Windows 8.1 memiliki fitur baru dan perangkat tambahan,” jelas Microsoft.

Microsoft biasanya memberikan dukungan keamanan untuk sistem operasi besutannya minimal 10 tahun setelah rilis. Namun Windows 8 yang dirilis pada tahun 2012 harus berakhir lebih cepat. Microsoft nampaknya lebih mendukung Windows 8.1 yang dianggap lebih “sempurna” dibanding versi sebelumnya.

Seperti diketahui, perilisan Windows 8 memang cukup menarik perhatian. Namun sayang, hilangnya fitur “tombol start” pada Windows 8 membuatnya tidak begitu disukai. Menerima respon yang kurang baik, Microsoft pun merilis Windows 8.1 satu tahu kemudian, dimana pengguna bisa memunculkan “tombol start” kembali.

Berdasarkan laporan Merdeka.com, sebanyak 2,76 persen komputer masih menggunakan sistem operasi (OS) Windows 8.0. Ini artinya ada sekitar 41 juta pengguna di seluruh dunia yang menggunakan OS tersebut.

Namun demikian, diduga masih banyak yang tidak peduli dengan penghentian dukungan keamanan Windows 8 yang dilakukan Microsoft. Sama seperti kasus penghentian Windows XP tahun 2014 lalu, dimana satu dari 10 komputer di dunia masih menggunakan Windows XP meski Microsoft telah menghentikan dukungannya.

Bagi Anda yang merasa menggunakan OS Windows 8, tidak ada salahnya mulai melakukan update dari sekarang. Anda bisa mengecek sistem operasi yang dipakai komputer Anda dengan mengklik laman ini.

About the author /


Related Articles

Post your comments