Netflix Angkat Bicara Soal Diblokir Telkom

CiriCara Tekno – Penyedia layanan video streaming, Netflix akhirnya memberikan tanggapan terkait pemblokiran yang dilakukan Telkom Group terhadap layanannya. Pihak Netflix mengaku akan berusaha mengikuti peraturan yang ada di Indonesia.

Juru bicara Netflix mengatakan bahwa pihaknya akan mencoba mematuhi Undang-Undang yang berlaku di Indonesia. Langkah ini dilakukan Netflix agar layanannya bisa kembali diakses oleh pelanggan yang ada di Tanah Air.

Namun demikian, ada peraturan yang masih tidak bisa diterima oleh Netflix, yakni syarat harus memiliki izin penyiaran layaknya penyedia jasa layanan televisi kabel pada umumnya. Menurut juru bicara tersebut, Netflix bukan merupakan stasiun televisi jadi tidak perlu mengajukan izin.

“Netflix itu jaringan televisi berbasis internet, bukan stasiun televisi pada umumya,” kata juru bicara Netfix yang tidak mau disebutkan namanya, seperti dilansir The Wall Street Journal, dan dikutip dari KompasTekno, Kamis (28/1/2016).

Juru bicara tersebut juga menjelaskan bahwa Netflix merupakan penyedia layanan on-demand yang membuat orang bisa memilik pilihan berlangganan atau tidak. Berbeda dari layanan televisi kabel, Netflix ini lebih fleksibel dan bisa dinikmati oleh semua pelanggan dimana dan kapan saja.

Seperti diberitakan sebelumnya, Telkom Group akhirnya memblokir Netflix dari jaringannya, IndiHome, WiFi.id, dan Telkomsel. Terhitung sejak Rabu (27/1/2016) pukul 00.00 WIB, Netflix sudah tidak bisa diakses oleh pengguna jaringan Telkom Group tersebut.

Telkom beralasan bahwa Netflix tidak memiliki izin beroperasi yang sah di Indonesia. Tidak hanya itu, Telkom juga menilai beberapa konten yang ada di Netflix masih mengandung konten yang tidak layak dikonsumsi publik. Hal ini karena tayangan Netflix belum mendapat sensor dari Lembaga Sensor Film (LSF) Indonesia.

Tidak hanya dituntut untuk mematuhi Undang-Undang, Netflix juga diminta untuk segera bekerja sama dengan operator telekomunikasi di Indonesia. Pasalnya di negara-negara lain saja Netflix sudah bekerja sama dengan operator lokal di sana.

Bagamana menurut Anda?

About the author /


Related Articles

Post your comments